Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2019, 17:35 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

VALENCIA, KOMPAS.com - Untuk ketiga kalinya dalam musim ini, Michelin akan menyiapkan ban asimetris untuk seri terakhir MotoGP 2019. Ban asimetris ini diberikan karena tata letak dari sirkuit Valencia, Spanyol, yang cukup unik.

Sirkuit Valencia yang memiliki panjang sekitar 4 kilometer ini memiliki 9 tikungan ke kiri dan 5 tikungan ke kanan. Trek yang lebih banyak menghabiskan ban di sebelah kiri tentunya membutuhkan ban yang khusus juga.

Baca juga: Jadwal MotoGP Valencia 2019 Akhir Pekan Ini

Michelin pun menyediakan ban asimetris depan dan belakang dengan tipe soft, medium, dan hard. Mirip dengan yang digunakan di MotoGP Jerman dan MotoGP Australia.

Jadi, bagian kiri menggunakan kompon yang lebih keras dibanding yang sebelah kanan.

Marc Marquez saaat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)MOHD RASFAN Marc Marquez saaat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)

Piero Taramasso, Michelin Motorsport Two-Wheel Manager, mengatakan, Valencia adalah trek yang sangat unik dengan tata letaknya. Selain itu, kondisi cuaca juga memberikan tantangan tersendiri.

"Beberapa daerah di Spanyol memiliki cuaca yang cerah, di mana itu ideal untuk balapan di bulan November. Tapi, bisa juga cuacanya sangat dingin di pagi hari," ujar Piero, dilansir dari MotoGP.com.

Baca juga: MotoGP Perketat Aturan Winglet Mulai Musim 2020

Piero menambahkan, untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan ban yang bisa mencapai temperatur yang ideal dengan cepat dan bisa bekerja dengan baik saat temperatur trek mulai memanas.

"Bagian kiri tidak pernah memiliki waktu untuk pendinginan. Jadi, ban asimetris ini harus didesain dengan sempurna untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata Piero.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com