Isuzu MU-X Tantang X-Trail Hingga Eclipse Cross

Kompas.com - 14/11/2019, 10:22 WIB
Isuzu mu-X I Series KOMPAS.com/RulyIsuzu mu-X I Series

SUKABUMI, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berupaya untuk memperluas pangsa pasar dari sport utility vehicle ( SUV) andalannya, mu-X 4x2, lewat kehadiran varian I Series.

Mobil yang menjalani debut perdananya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 itu menjadi varian baru yang dihadirkan guna memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin naik kelas memiliki kendaraan SUV.

"Target dari model mu-X ialah smart spender, yakni orang-orang yang suka berhitung atau membandingkan produk sebelum menggarasikannya. Lalu target kedua ialah MPV upgrader, sebab berdasarkan riset banyak pemilik kendaraan tersebut yang ingin naik kelas ke SUV," kata Marketing Division Head PT IAMI Andy Dwi Zatmoko, di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Baca juga: Isuzu dan UD Trucks Mulai Persiapkan Solar B30

Isuzu mu-X I SeriesKOMPAS.com/Ruly Isuzu mu-X I Series

Artinya, mu-X khususnya pada varian I Series, diharapkan bisa bersaing dengan Mitsubishi Eclipse Cross maupun Nissan X-Trail. Sebagai informasi, mu-X dibanderol mulai dari Rp 449.000.000 on-the-road DKI Jakarta.

"Target selanjutnya adalah perusahaan rental, perkebunan, kontraktor, operasional, dan lainnya. Hal ini sejalan dengan bandelnya mesin mu-X," ujar Andy.

Pada kesempatan sama, ia juga mengatakan bahwa tahun depan akan hadir dua varian lanjutan dari mu-X yaitu S Series dan Z Series. "Keduanya di atas dari I Series," katanya.

 

Isuzu mu-X I SeriesKOMPAS.com/Ruly Isuzu mu-X I Series

Sebagai informasi, mu-X I Series dibekali mesin turbo diesel 4JK1-TC 2,5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Mesin yang didukung teknologi sistem Turbocharge Intercooled VGS ini mampu menghembuskan tenaga sebesar 136 ps dan torsi flat 32,6 kgm pada 1.800 - 2.800 rpm.

Selain itu, mu-X mampu menyesuaikan dengan bahan bakar yang ada di Indonesia, termasuk Biodiesel 20 persen atau B20. Sebab, mobil dibalut filter ganda dan diamond like-carbon pada sistem bahan bakarnya, sehingga mesin lebih tahan lama.

Baca juga: Jumpa Tiga Varian Baru Isuzu mu-X di GIIAS 2019

Perawatan mesin juga diklaim lebih efisien dengan penggunaan timing-chain, bukan timing-belt yang harus dilakukan pergantian secara berkala.

Isuzu mu-X I SeriesKOMPAS.com/Ruly Isuzu mu-X I Series

"Kesan elegan juga semakin terlihat pada beberapa bagian seperti soft-pad surface di dasbor, dipadu ornamen black-piano, leather door-trim pad, serta ambient light door-trim. Banyak hal-hal menarik juga yang bisa dinikmati di bagian eksterior mobil,” tutur Andy

Sementara untuk fitur keselamatannya, mu-X didukung kantung udara ganda dan sabuk keselamatan dengan pretensi pembatasan berat. Pada bagian remnya, mobil menggunakan cakram di tiap roda.

Demi menambah ketenangan berkendara, ada juga fitur Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Break Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), serta Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X