Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Cross Bakal Ditawarkan Lintas Negara

Kompas.com - 13/11/2019, 12:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors akan menambah kapasitas produksi pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat, pada 2020 mendatang.

Volume produksi tahunan Mitsubishi Indonesia akan menjadi 220.000 unit, dari yang sebelumnya 160.000 unit. Xpander selaku produk andalannya, mendapatkan dampak signifikan.

Baca juga: Rencana Mitsubishi Bangun R&D Center di Indonesia Urung

"Tahun depan, volume Xpander akan menjadi 160.000 unit, meningkat dari sebelumnya 116.000 unit per tahun," ujar Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Takao Kato di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Melalui perluasan kapasitas pabrik tersebut, membuat Mitsubishi Indonesia memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekspor model Xpander. Kato menyatakan, saat ini saja ekspor Xpander sudah ke 13 negara dengan total volume 80.000 unit.

Test drive Mitsubishi Xpander untuk blogger dan komunitas di Pabrik Mitsubishi.Istimewa Test drive Mitsubishi Xpander untuk blogger dan komunitas di Pabrik Mitsubishi.

"Sejak diluncurkan pertama kali pada 2017 di Indonesia, Xpander mendapat sambutan sangat baik dan langsung menjadi produk penting bagi MMC. Tidak hanya itu, mobil juga jadi daya tarik bagi banyak negara lain," katanya.

"Sejalan dengan peluncuran Xpander Cross dan perluasan kapasitas produksi ini, kami bukan hanya berupaya menghadirkan produk yang menarik dan berkualitas untuk warga Indonesia. Tapi untuk menguatkan ekonomi Indonesia dengan ekspor Xpander," ujar Kato.

Baca juga: Target Mitsubishi Xpander Cross Dipatok 1.500 Unit

Meski demikian, Mitsubishi belum memutuskan jumlah volume untuk ekspor Xpander rakitan Indonesia setelah pabrik melakukan perluasan kapasitas produksi.

"Kami lihat dahulu, negara mana yang permintaannya tinggi. Tetapi potensinya sangat besar, sebab banyak negara yang menginginkan dan meminta menambah pasokkan Xpander," ucap dia.

Berdasarkan hasil pengamatan pribadi, lanjut kato, beberapa negara yang dimaksud ialah, Amerika Serikat (AS), Meksiko, China, Filipina, Thailand, Vietnam dan lain-lain.

Pada kesempatan terpisah, Chief Product Specialist B & C Segment, Product Strategy Division MMC Minoru Uehara sempat mengatakan bahwa Mitsubishi berencana untuk menambah negara tujuan ekspor untuk Xpander, menjadi 40 negara.

“Mungkin dalam waktu dekat akan ada Afrika Selatan. Di sana ternyata Avanza juga dipasarkan, jadi cukup kaget juga kita,” ucap Uehara saat berbincang bersama Kompas.com di Jepang, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com