Sambut Musim Penghujan, Ini Cara Pastikan Wiper Siap Digunakan

Kompas.com - 11/11/2019, 16:41 WIB
Wiper mobil disaat hujan www.backfromthebrink.orgWiper mobil disaat hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah Indonesia sudah mulai diguyur hujan. Bagi pengendara mobil aktif, penting untuk menyiapkan berbagai hal supaya tidak ada kendala saat menerobos hujan, salah satunya adalah komponen wiper.

Pabrikan otomotif merancang wiper untuk membantu penglihatan pengemudi di kala hujan. Komponen tersebut bisa menyeka air secara sepat sehingga pengemudi mendapat daya visual lebih baik.

Oleh sebab itu, sebagaimana dikatakan Technical Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi, penting untuk pengendara memastikan wiper bisa berfungsi optimal sebelum digunakan.

Baca juga: 4 Langkah Ringan Bikin Wiper Awet

Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.

"Cara memastikannya sangat mudah. Paling utama adalah pastikan air wiper masih tersedia, lalu lihat apakah karet wiper sudah getas atau belum," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

"Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk penggantian karet wiper. Tapi biasanya orang mengangkat wiper saat parkir supaya tidak cepat getas karetnya saat terkena kaca yang panas akibat sinar matahari," kata Anjar lagi.

Kemudian, saat pertama kali wiper digunakan kembali, basahkan dahulu kaca atau karet wiper dengan air. Mudahnya, saat hujan datang, tetap semprotkan air sebelum wiper menyapunya.

Baca juga: Ketahui Manfaat Wiper Mobil Diangkat Saat Parkir

Wiper mobil di Istana Motor MGK KemayoranGhulam/Otomania Wiper mobil di Istana Motor MGK Kemayoran

"Ini dilakukan supaya tidak kesat saat wiper menyapu air hujan tersebut, dan mengakibatkan timbul lecet halus," katanya.

Jika wiper bergetar saat membersihkan kaca dari air, diindikasikan bahwa karet pada wiper sudah keras atau tidak bagus lagi. Atau, kaca mobil telah ditempeli banyak debu halus dalam waktu yang cukup lama.

"Jadi kalau wiper bergetar, bukan berarti motor wipernya rusak. Itu lebih kepada karetnya yang sudah mengeras atau kaca mobil kotor. Sebab, jika motor wiper rusak, wiper tidak akan berfungsi sama sekali," ucap Anjar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X