Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Tunjuk Kakorlantas Baru, Ini Dia Pemegang Jabatannya

Kompas.com - 10/11/2019, 10:19 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah banyak mengeluarkan inovasi di bidang lalu lintas, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri, resmi dimutasi sebagai Koordinator staf Ahli Kapolri (Koorsahli).

Mengutip dari NTMC, keputusan mutasi tersebut tertuang dalam telegram Kapolri baru, yakni Jenderal Pol Idham Azis dengan nomor ST/3020/XI/KEP./2019 yang terbit pada Jumat (8/11/2019) lalu.

Surat tersebut diteken oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Eko Indra Heri, atas nama Kapolri sendiri.

Baca juga: Korlantas Pastikan Distribusi Smart SIM Berjalan Normal

Posisi Kakorlantas yang sebelumnya diemban oleh Refdi, digantikan oleh Brigjen Pol Istiono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bangka Belitung.

Dengan menjabat sebagai Kakorlantas. Istiono pun akan menyandang bintang dua atau menjadi Irjen Pol.

Brigjen Pol Istiono gantikan Refdi sebagai Kakorlantas Polri Brigjen Pol Istiono gantikan Refdi sebagai Kakorlantas Polri

Diketahui, Istono juga memiliki banyak latar belakang yang berkaitan dengan ranah lalu lintas maupun ruan lingkup Korlantas Polri sendiri.

Beberapa jabatan penting pernah dilakoninya, mulai dari Kasat Lantas di beberapa Polres, Dirlantas berbagai Polda, hingga Kadenwal PJR Korlantas dan Kabagops Korlantas.

Baca juga: Korlantas Resmikan Samsat Online Nasional

Tak hanya Refdi, dalam surat telegram tersebut juga ada beberapa mutasi lain yang dilakukan oleh Kapolri.

Totalnya dikabarkan ada 206 perwira menegah dan tinggi yang ikut mendapat penyegaran posisi.

"Intinya ini merupakan mutasi rutin untuk menggantikan personel antara lain karena ada yang pensiun, mendapat tugas di luar struktur sehingga harus diganti, termasuk juga para kapolres yang mendapat jabatan promosi sehingga diganti dengan personel yang lain," kata Eko Indra Heri.

Baca juga: STNK Diubah Jadi Kartu, Polisi Akan Dilengkapi Alat Khusus

Terobosan Kakorlantas

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Irjen Refdi melakukan beberapa terobosan terkait kebijakan di aturan lalu lintas Indonesia. Refdi mencetuskan Smart SIM dan tilang elektronik.

Lalu sebelum dimutasi, Korlantas Polri juga sedang menyiapkan rencana penggantian STNK dari kertas menjadi kartu.

Baca juga: STNK Akan Berubah Jadi Kartu Tak Lagi Kertas, Seperti Ini Bentuknya

Selain itu, ada juga kebijakan yang bersifat digitalisasi lainnya seperti Samsat Online Nasional. Semua kebijakan itu tentu bertujuan untuk memudahkan masyarakat pemilik kendaraan, dalam melaksanakan kewajibannya tanpa harus berbenturan dengan birokrasi yang rumit.

Pergantian pucuk pimpinan di Korlantas Polri ini, diharapkan tetap memberikan terobosan pelayanan publik, untuk makin membantu masyarakat pemilik kendaraan kedepannya.

Selamat bertugas Irjen Refdi sebagai Koordinator staf Ahli Kapolri (Koorsahli), dan selamat bertugas juga buat Istiono sebagai Kakorlantas yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com