Rio dan David Geber Ferrari 488 GT di Asian Le Mans Series

Kompas.com - 08/11/2019, 08:42 WIB
Pebalap tim T2 Motorsports, Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro bersiap untuk menjalani balapan perdana Blancpaint World Asia Series 2019 akhir pekan ini (7-8/4/2019)
T2 MotorsportsPebalap tim T2 Motorsports, Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro bersiap untuk menjalani balapan perdana Blancpaint World Asia Series 2019 akhir pekan ini (7-8/4/2019)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo pebalap T2 Motorsport, Rio Haryanto dan David Tjipto bakal berlaga di Asian Le Mans Series. Ini menjadi momen perdana ada pebalap Indonesia yang turun di ajang bergengsi tersebut.

Bicara soal kesiapan, keduanya mengklaim sudah punya modal untuk berlaga balap ketahanan selama empat jam tersebut. Terutama bagi David yang sudah pernah mencicipi beberapa balap ketahanan.

Lantas bagimana dengan kesiapan mobil yang akan digunakan. Menjawab hal ini, Team Principal T2 Motorsports Irmawan Pedjoadji, mengatakan pada dasarnya tak ada perbedaan spesifikasi, mobil pun tetap akan menggunakan Ferrari 488 GT3.

Baca juga: Cerita Persiapan Rio dan David Menuju Asian Le Mans Series

Rio Haryanto dan David Tjipto siap berlaga di Asian Le Mans Series Rio Haryanto dan David Tjipto siap berlaga di Asian Le Mans Series

"Masih pakai Ferrari yang Blancpain GT kemarin, jadi tidak banyak berubah kelasnya juga masuk GT," ujar Irmawan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Namun demikian, David menjelaskan untuk mobil memang ada sedikit rombakan yang dilakukan. Hal ini lebih untuk memberikan penyegaran dan menyesuaikan ajang balap ketahanan tersebut.

Mobil Ferrari 488 GT3 yang dikemudikan Rio Haryanto pada ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019.KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA Mobil Ferrari 488 GT3 yang dikemudikan Rio Haryanto pada ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019.

Seperti melakukan konfigurasi ulang settingan yang harus diselarakan antara para pebelap. Mengganti merek ban dari Pirelli ke Michelin, serta beberapa hal lainnya.

"Usai Blancpain kemarin kita langsung rebuild semua. Gearbox, mesin, rem semua diganti, untuk ban kita ganti Michelin karena infonya lebih cocok dan kuat," ujar David.

Melihat spesifikasi di atas kertas, Ferrari yang akan digeber oleh Rio, David, dan Christian Colombo nanti memiliki mesin 3.900 cc V8 twin-turbocharged. Spesifikasi ini membuat 488 GT mampu menghasilkan tenaga 600 tk pada 7.000 rpm.

Baca juga: Perdana, Dua Pebalap Nasional Siap Berlaga di Asian Le Mans Series

Menurut David, T2 Motorsports nanti akan didampingi oleh tim mekanik asal Italia, yakni AF Course. Beda dengan Blancpain, kali ini tim tersebut akan membawa formasi lengkap untuk membina para pebalao T2 Motorsport.

Tim T2 Motorsports Tim T2 Motorsports

Sementar Rio Haryanto sendiri juga selama ini tak mengalami masalah dengan mobil yang digunakan. Menurut pebalap asal Jawa Tengah itu, selama ini dirinya sudah cukup melakukan adaptasi ketika mengendari Ferrari di Blancpain GT World Challenge Asian.

"Setiap mobil punya karakter, untuk mobil ini karena sudah membawa di Blancpain kemarin secara teknis harusnya tidak jadi masalah," ujar Rio.

Ajang Asian Le Mans Series menjadi jembatan utama untuk pada pebalap memperebutkan tiket ke Le Mans 24 Hour yang akan digelar di Perancis. Karena itu, T2 Motorsports pun mematok poin tertinggi agar bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya serta mengharumkan nama Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X