Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Xpander Cross Menghindari Harga Psikologis Rp 300 Juta

Kompas.com - 08/11/2019, 06:32 WIB
Agung Kurniawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah memastikan bakal melepas varian terbaru, Mitsubishi Xpander Cross di salah satu hotel bintang lima di Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019). Ada informasi terbaru menyebutkan kalau Mitsubishi menghindari harga psikologis Rp 300 juta buat varian barunya ini.

“Paling mahal itu Rp 297 juta, enggak jadi tembus Rp 300 juta. Jadi, perbedaan tiap varian itu sekitar Rp 10 juta, berkurang dari sebelumnya Rp 20 juta,” kata sumber Kompas.com yang mengetahui rencana ini di Jakarta, belum lama ini.

Informasi lain yang mengalir menyebutkan, Mitsubishi bakal memasarkan Xpander Cross dalam tiga varian, yakni Sport M/T, Sport A/T, dan Ultimate A/T. Seluruh varian sudah dibekali dengan defogger (penghilang kabut) kaca belakang, pelek palang lima 17 inci dengan desain mirip punya Kia Rio lawas, sensor parkir, dan lampu full LED untuk penerangan depan (headlamp, DRL, dan foglamp).

Baca juga: Tes Varian Baru Mitsubishi Xpander Cross Langsung di Jepang

Mitsubishi

Mengingat Kompas.com menjadi salah satu media yang sudah berjumpa langsung Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) crossover ini di Okazaki, Jepang (24/10/2019), dalam wujud asli, tanpa kamuflase dan mendapatkan informasi seputar fisik benar adanya.

Selain itu, ubahan lain seperti over fender sewarna bodi, roof rail, desain baru pada bemper, gril “dynamic shield”, dan kap mesin, yang sekaligus jadi bekalan penunjang Xpander jadi terasa lebih crossover, tersedia di seluruh varian.

Kelebihan utamanya, ada pada pelek baru dimensi 17 inci dengan ban yang lebih tebal, membuat jarak pijak (ground clearance) Xpander Cross lebih tinggi 20 milimeter ketimbang Xpander lawas. Ketinggian ini juga diklaim paling jangkung dibandingkan rival dari LMPV maupun LSUV yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Khusus varian tertinggi nantinya bakal ditambahkan sentuhan kemewahan, jok kulit dan kaca film V-Kool. Sementara, dua varian di bawahnya tetap mengandalkan kaca film Konica Minolta dan jok fabric.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Memang Lebih Macho, Ada tapinya

Mitsubishi

Plus, suspensi baru yang sengaja dikembangkan khusus untuk varian ini. Setelah melakukan sesi first drive di Jepang, memang terasa lebih istimewa suspensi baru Xpander Cross ketimbang Xpander standar. Bantingan lebih kaku, tetapi level kenyamanan masih mampu terjaga dengan apik.

Kompas.com sudah mencoba konfirmasi dengan Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI ketika berkunjung ke kantor Menara Kompas, Senin (4/11/2019). Tentu saja sebelum resmi meluncur, Nakamura-san bergeming.

“Saya belum bisa berkomentar apa-apa,” kata dia.

Baca juga: Alasan Mitsubishi Xpander Cross Hanya Berstatus Varian

Kompas.com/Setyo Adi

Lanjutan informasi lainnya, Mitsubishi Xpander Cross baru mulai diantar ke konsumen mulai Januari 2020. Jadi, setelah peluncuran beberapa hari lagi, konsumen sudah bisa langsung pesan, beli, menentukan pilihan varian, warna. Tapi, semua vin code produksi dimulai tahun depan.

“Januari akan digelontor 7.000 unit (Xpander Cross). Target penjualan bulanannya sekitar 2.300 unit-2.500 unit di luar Xpander biasa,” ucap sumber tadi.

Sambil menunggu informasi resmi saat peluncuran nanti, Kompas.com mencoba memberikan estimasi harga berapa varian baru Xpander Cross akan dijual ke konsumen, berdasarkan informasi yang diterima. Simak berikut ini:

Daftar Harga Estimasi:

Mitsubishi Xpander
GLX M/T Rp 210.300.000
GLS M/T Rp 226.800.000
GLS A/T Rp 237.800.000
Exceed M/T Rp 233.800.000
Exceed A/T Rp 244.200.000
Sport M/T Rp 246.400.000
Sport A/T Rp 256.400.000
Ultimate A/T Rp 265.100.000

Xpander Cross
Sport M/T Rp 275.100.000
Sport A/T Rp 286.100.000
Ultimate A/T Rp 297.100.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com