Skutik Boardtracker Garapan Pak Guru

Kompas.com - 07/11/2019, 11:22 WIB
Skutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra Custom Agung PutrantoSkutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra Custom

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang menggunakan bahan motor matik atau skutik untuk dijadikan kreasi custom. Salah satunya dilakukan bengkel asal Surabaya, yakni Alpha Sierra Custom.

Adalah Agus, penggiat modifikasi ( builder) Alpha Sierra Custom, yang membangun motor custom bergaya boardtracker dengan basis motor matik. Agus membangun motor tersebut dari motor Honda BeAT tahun 2015.

Baca juga: Motor Custom Royal Enfield Ada di Kustomfest 2019

"Motor ini saya beri nama Ibra, konsepnya boardtracker. Desainnya saya buat sendiri, sampai ganti konsep dua kali," ujar Agus, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Skutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra CustomAgung Putranto Skutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra Custom

Agus mengerjakan rangka dan bagian kaki-kakinya. Rangka dibuat dari material stainless steel tipe 304 low carbon. Sedangkan kaki-kakinya, dibuat custom dari bahan alloy, tromol ring 12 dan bannya ring 21.

"Tromol dibuat secara handmade dari bahan alloy ring 12, itu dari pelek matik model monoblock. Konsepnya classic hubless," kata Agus.

Baca juga: Royal Enfield Custom Garapan Arsitek Ikut Mejeng di Kustomfest 2019

Bagian yang menonjol lainnya adalah bagian mesinnya. Agus mengawinkan head dari mesin Honda Tiger dengan BeAT.

"Ide mesin dari saya sendiri. Tapi sebenarnya, ada kesalahan dari proses lasnya. Seharusnya head-nya tegak. Jadinya malah landai, mau saya awalnya seperti mesin-mesin jaman dulu, seperti Indian," ujar Agus.

Skutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra CustomAgung Putranto Skutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra Custom

Agus menambahkan, proses pengerjaannya memakan waktu hingga enam bulan. Proses mesin sekitar 3 bulan dan proses lainnya juga 3 bulan. Sebab, Agus mengaku mengerjakan motor ini mulai dari 18.30 hingga 02.00 dini hari.

"Saya bekerja hanya berdua dengan rekan saya, Jhony. Motornya dikerjakan malam hari, karena paginya kita berdua harus kerja. Saya mengajar hardware dan software programming di IT khusus GSM mobile," kata Agus.

Skutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra CustomAgung Putranto Skutik custom bergaya boardtracker garapan Alpha Sierra Custom

Agus membeberkan proses tersulit dari membangun skutik custom boardtracker ini adalah saat membuat rangkanya. Sebab, material yang digunakannya memang sulit untuk di-roll maupun saat pengelasan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X