Bisa 4WD, Ini Keistimewaan Sistem Penggerak Raize dan Rocky

Kompas.com - 06/11/2019, 09:22 WIB
Antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD. daihatsu.co.jpAntara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, sama-sama dibekali sistem penggerak Dynamic Torque Control 4WD.

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam keterangan resminya, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky disebut bakal menjadi mobil yang diinginkan pelanggan selama ini. Yaitu sport utility vehicle ( SUV) gagah yang mudah dikendarai, berharga terjangkau, dan dilengkapi beragam teknologi keamanan terkini.

Tak hanya unggul di fitur keselamatan yang melimpah, Raize dan Rocky juga punya keistimewaan lain, yakni sisten penggerak empat roda, disebut Dynamic Torque Control 4WD.

Fitur 4WD milik keduanya menggunakan mekanisme kopling yang diatur secara elektronik. Sistem ini dapat meningkatkan traksi di jalan yang licin, dengan mendeteksi kebutuhan distribusi torsi roda depan dan belakang lewat ECU.

Baca juga: Intip Fitur Toyota Raize, Serba Canggih

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Dibandingkan dengan sistem 4WD konvensional yang diatur secara manual, kinerja mengemudi yang stabil lebih mudah dicapai pada sistem penggerak yang dipakai Raize dan Rocky.

Ilustrasinya, saat kondisi jalan kering mobil akan berjalan dengan mode 2WD. Sistem 4WD akan secara otomatis bekerja saat kondisi jalan licin, atau saat salah satu roda kehilangan traksi.

Gerak roda belakang akan membantu mengurangi selip dan meningkatkan stabilitas, ketimbang saat hanya mengandalkan gerak roda depan.

Baca juga: Mulai Rp 226 Juta, Daihatsu Rocky Resmi Dipasarkan di Jepang

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.carspiritpk.com Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.

Dengan dukungan fitur VSC (Vehicle Stability Control) dan TRC (Traction Control), membuat pengendalian mobil selalu stabil di berbagai kondisi jalan. Begitu juga dengan gejala oversteer maupun understeer, dapat diantisipasi fitur ini.

Sementara, saat kondisi jalan kering, bantuan gerak roda belakang akan berkontribusi pada peningkatan efisiensi bahan bakar. Sebab distribusi torsi antara roda depan akan dibuat seefisien mungkin.

Tanpa kenop manual, pengemudi dapat memantau sistem penggerak mobil secara langsung lewat layar MID. Di sana juga bisa diketahui distribusi tenaga yang diberikan ke masing-masing roda.

Baca juga: Perbedaan Teknis Daihatsu Rocky Terbaru dengan Model Lawas

Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.daihatsu.co.jp Desain interior Daihatsu Rocky, SUV kecil yang telah meluncur di Jepang.

Untuk diketahui, kedua mobil telah dijual secara resmi di Jepang mulai 5 November 2019. Raize punya empat varian yang dipasarkan mulai 1.679.000 yen (Rp 217,7 juta) untuk tipe X 2WD, sampai 2.282.200 yen (Rp 296 juta) untuk tipe Z 4WD.

Sedangkan Rocky yang juga tersedia dalam empat varian (L, X, G, dan Premium), dijual dari 1.705.000 yen (Rp 226 juta) untuk tipe L 2WD, hingga 2.442.000 yen (Rp 316,7 juta) untuk tipe Premium 4WD.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X