Marquez Sebut Rem ala Skutik Kurang Bermanfaat

Kompas.com - 02/11/2019, 08:03 WIB
Marc Marquez tes rem belakang ala skutik pada motornya Crash.netMarc Marquez tes rem belakang ala skutik pada motornya

SEPANG, KOMPAS.com - Pada sesi latihan bebas (FP) 2, Marc Marquez mencoba bereksperimen pada motornya. Juara dunia MotoGP 2019 ini mencoba rem belakang ala motor matik atau skutik, yakni dengan tuas di setang sebelah kiri.

Tuas tambahan ini diletakkan di atas tuas kopling. Tujuannya adalah agar Marquez bisa lebih cepat dan lebih bisa mengendalikan motor saat tikungan ke kanan.

Baca juga: Cedera Tak Halangi Quartararo Kuasai FP2, Rossi Urutan Ketiga

Sebab, saat tikungan ke kanan, posisi badan miring ke kiri. Sehingga, kaki kanan yang berfungsi untuk menginjak rem menjadi terangkat dan sulit menjangkau rem. Rem belakang pada motor MotoGP biasa digunakan untuk membuat motor jadi lebih mudah bermanuver.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019).AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez, saat tampil pada kualifikasi MotoGP Thailand, di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Sabtu (5/10/2019).

"Normalnya, pada tikungan ke kiri saya sangat cepat dan pada tikungan ke kanan saya tetap cepat, tapi tidak sangat cepat. Ini baru percobaan pertama untuk merasakan feeling yang didapat seperti apa," ujar Marquez, dilansir dari Crash.net.

Marquez menambahkan, sebelumnya dia pernah mencoba rem serupa yang menggunakan ibu jari kiri. Namun, Marquez tidak menyukainya, karena menurutnya lebih enak jika menggunakan tuas.

Baca juga: Quartararo Ngebut di FP1 MotoGP Malaysia, Rossi Jauh Tertinggal

"Untuk saat ini, tuas tersebut belum siap dan kami akan kembali ke rem normal. Ini baru percobaan apakah di masa depan nanti ada kemungkinan untuk digunakan. Jika benar ada potensinya, tapi untuk sekarang tidak ada," kata Marquez.

Menurut Marquez, belum ada keuntungan lebih yang dirasakan. Namun, tuas rem ala skutik ini tetap akan dipelajari lagi untuk melihat apakah bisa bekerja dengan baik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Crash.net
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X