Mesin Berpotensi Mati, Daihatsu Recall Gran Max 1.5L dan Luxio

Kompas.com - 01/11/2019, 18:32 WIB
Daihatsu New Luxio di Gelora Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan Febri ArdaniDaihatsu New Luxio di Gelora Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Indonesia mengumumkan program recall alias penarikan kembali untuk diperbaiki khusus model Gran Max 1.5L dan Luxio di Indonesia.

Pada program ini, Daihatsu akan melakukan penggantian komponen connecting rod atau setang seher pada mesin 1.5L 3SZ Gran Max 1.5L dan Luxio, produksi Maret 2018 - April 2019. Total unit yang terlibat recall berjumlah 36.915 unit.

"Terdapat potensi mesin mati ketika bergerak dengan gejala awal adanya suara berisik di bagian tersebut. Setelah dilakukan identifikasi, kami memutuskan untuk melakukan recall dan mengganti bagian connecting rod," kata Service Parts Division Head PT ADM Anjar Rosjadi di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Baca juga: Bedah Tampang Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Recall Daihatsu Gran Max 1.5L dan LuxioKOMPAS.com/Ruly Recall Daihatsu Gran Max 1.5L dan Luxio

Adapun sumber masalahnya, terjadi pada saat proses produksi oleh supplier imbas penggunaan mesin baru.

"Jadi saat proses pressing, itu terlalu menekan, sehingga berbeda beberapa micro mili. Saat digunakan, connecting rod jadi mudah memuai. Pada kasus tertentu, bisa retak maupun patah. Ini terjadi sejak supplier menggunakan mesin baru pada proses produksinya," kata Anjar.

"Ke depannya, kami akan memperketat monitoring di tiap proses produksi jika supplier melakukan perubahan serupa. Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab kami, Daihatsu, untuk memastikan setiap mobil tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya," ujar Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra di tempat sama.

Daihatsu Gran Max Pikap Daihatsu Gran Max Pikap

 

Bagi pemilik yang kendaraannya masuk dalam daftar recall, diharapkan langsung mendatangi bengkel resmi Daihatsu terdekat. Tidak terkecuali untuk unit yang sudah berganti kepemilikan. Proses pergantian tidak dipungut biaya. Namun memakan waktu cukup lama yaitu 14 jam.

"Karena jumlah unit yang terlibat begitu besar, mohon maaf dalam hal ini kami tidak bisa meminjamkan mobil pengganti. Namun sebagai apresiasi kami, pelanggan akan diberikan voucher pergantian oli gratis untuk servis berikutnya," kata Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X