Rekondisi Skutik Usia 5 Tahun Lebih, Ini Komponen yang Perlu Diganti

Kompas.com - 01/11/2019, 13:20 WIB
Perawatan CVT pada motor matik IstimewaPerawatan CVT pada motor matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor matik atau skutik banyak dijadikan kendaraan sehari-hari, baik pelajar maupun karyawan. Untuk itu, biasanya saat motor memasuki usia lima tahun, ada beberapa komponen yang sudah harus diganti.

Tentunya, pelumas-pelumas yang ada pada mesin dan komponen lain perlu diganti, mulai dari pelumas mesin, minyak rem, oli gardan, dan cairan radiator.

Selain itu, jika motor sudah mendekati atau bahkan melampaui 16.000 km atau 1,5 tahun sejak servis terakhir, perlu dilakukan penggantian saringan udara dan kanvas rem depan dan belakang.

Baca juga: Pemilik Motor Matik Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini

Wahyudin, Kepala Bengkel Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, di usia lima tahun, motor juga sudah perlu untuk mengganti aki. Apalagi, jika sudah menempuh 30.000 km atau berusia tiga tahun.

Bagian mesin motor skutikOtomania/Setyo Adi Bagian mesin motor skutik

" Komponen yang tak kalah penting untuk diganti adalah v-belt, sebaiknya tiap 24.000 km. V-belt ini ibarat rantai pada sepeda motor bebek atau sport," ujar Wahyudin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahyudin menambahkan, jika sudah memasuki usia lima tahun, komponen mesin juga perlu diperhatikan.

Biasanya, sudah ada komponen yang mulai melemah, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, seal-seal, gasket, dan lainnya.

Baca juga: Ketahui Waktu Ideal Ganti Oli Gardan pada Motor Matik

Di bagian CVT, Wahyudin menyarankan juga untuk mengganti bagian kampas kopling, pulley depan, dan pulley belakang.

"Penting juga untuk mengganti saringan pada pompa bahan bakar, agar saluran bahan bakar ke injektor tetap lancar," kata Wahyudin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X