Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Lorenzo di Honda, Mirip saat Rossi Jadi Pebalap Ducati

Kompas.com - 01/11/2019, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEPANG, KOMPAS.com - Valentino Rossi buka suara mengenai kondisi mantan rekan setimnya di Repsol Honda, Jorge Lorenzo. Menurut The Doctor, kondisi Lorenzo saat ini sama seperti yang dia alami di Ducati.

Lorenzo disebut lambat memahami karakter Honda, sedangkan di saat yang sama rekannya, yakni Marc Marquez justru sangat perkasa. Saking frustasi Lorenzo sempat ke Jepang meminta bantuan dari insinyur Honda.

Baca juga: Rossi Jangan Sampai Putus Asa Jelang GP Malaysia

Sayang sepulang dari Jepang bukannya hasil baik justru Lorenzo mengalami kecelakaan. Sesial-sialnnya Rossi di Ducati medio 2011-2012, dia tidak mengalami kecelakaan parah yang membuat performanya tambah turun.

"Saya mengalami situasi serupa di Ducati pada 2011 dan 2012. Saat itu saya kehilangan banyak feeling saat tes pertama di Valencia," kata Rossi mengutip Speedweek.com, Jumat (1/11/2019).

Rossi kemudian bicara soal motor Ducati yang saat itu berusaha dia taklukkan. Pebalap gaek tersebut mengatakan handling Desmosedici saat itu buruk terutama di distribusi motor bagian depan.

"Yang terpenting, itu tentang bagian depan. Bagi saya, motor itu selalu sulit dikendarai, Anda tidak bisa menyesuaikannya dengan gaya balapan saya. Kami banyak bekerja dengan presisi," kata Rossi.

Baca juga: Marquez Siap Pecahkan Rekor Lorenzo di GP Malaysia

Rossi bahkan mengaku banyak bereksperimen dengan sasis aluminium, karena sebelumnya hanya Ducati yang memiliki sasis dengan karbon monocoque.

"Ada banyak yang harus dilakukan. Tapi secara umum saya tidak pernah menemukan rasa percaya diri di bagian depan. Itu adalah fase yang sangat sulit. Saya menjadi kuat lagi setelah kembali ke Yamaha," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com