[POPULER OTOMOTIF] Plat Nomor Bisa Berubah Warna | Alasan Kenapa Mobil Kecil Mendominasi di Jepang

Kompas.com - 01/11/2019, 06:02 WIB
Ilustrasi plat nomor jenis baru wartakota.tribunnews.comIlustrasi plat nomor jenis baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri mulai menerapkan plat nomor baru, yang bisa berubah warna. Maksudnya, bisa berubah ketika terbaca atau terekam kamera tilang elektronik.

Selain itu, informasi mengenai mobil kecil mendominasi di Jepang juga ikut mengundang perhatian masyarakat Indonesia. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 31 Oktober 2019:

1. Alasan Kenapa Mobil Mungil Lebih Mendominasi di Jepang

Salah satu kei car asal Jepang, Daihatsu Move.Febri Ardani/KompasOtomotif Salah satu kei car asal Jepang, Daihatsu Move.

Beda dengan kebanyakan orang Indonesia yang gemar memilih multi purpose vehicle atau MPV, masyarakat di Jepang cenderung suka menggunakan mobil mungil yang disebut kei-car.
Bahkan dari segi penjualannya pun sangat mendominasi jika dibandingkan jenis atau model mobil lain yang ada.

Kondisi tersebut bukan hanya karena dari segi harga saja relatif lebih murah, tapi juga ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi.

Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menjelaskan, beberapa hal yang membuat orang Jepang suka dengan kei-car salah satunya soal kepraktisan serta usia.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Mungil Lebih Mendominasi di Jepang

2. Permudah Tilang Elektronik, Plat Nomor Baru Dibikin Bisa Berubah Warna

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) beberapa waktu lalu telah mulai menerapkan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), terutama di wilayah DKI Jakarta.

Lewat teknologi kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik, pelanggaran lalu lintas dapat langsung terdeteksi, terdata, dan tersimpan di back office Korlantas Polri sebagai bukti penilangan.

Kamera ini akan merekam kendaraan yang melakukan pelanggaran, serta menyimpan gambar plat nomor kendaraan tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X