Pemilik Motor Matik Wajib Perhatikan 3 Komponen Ini

Kompas.com - 31/10/2019, 08:32 WIB
Perawatan CVT pada motor matik IstimewaPerawatan CVT pada motor matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan pada sepeda motor bukan hanya sekadar penggantian oli secara rutin saja. Khusus untuk motor matik atau skutik, ternyata ada tiga komponen penting yang hukumnya wajib untuk dirawat.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, setidaknya ada tiga komponen yang harus selalu diperhatikan perawatannya.

Ketiga komponen tersebut ada pada transmisi otomatis atau CVT (Continuously Variable Transmission), yakni V-belt, roller, dan kanvas kopling.

Baca juga: Jangan Sampai Karet CVT Skutik Putus di Jalan

V-belt berfungsi sebagai penghubung pulley primer dengan pulley sekunder. Komponen yang satu ini dapat putus jika sudah menempuh jarak tertentu. Sebaiknya, diganti setiap 50.000 km.

CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.Ghulam/Otomania CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.

"V-Belt yang tidak terawat dapat menyebabkan masalah dan bahaya saat motor sedang melaju di jalan," ujar Ade, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Roller juga tak kalah penting untuk dirawat. Meskipun bentuknya kecil, tapi fungsinya cukup besar. Roller pada skutik terdiri dari beberapa buah. Jika rusak satu roller, maka sebaiknya diganti semuanya.

Baca juga: Pilihan Skutik Bekas Murah Rp 5 Jutaan

"Gejala yang ditimbulkan jika roller rusak dapat diketahui dari terdengarnya bunyi atau suara berisik di dalam CVT bagian depan," kata Ade.

Ketebalan dari kanvas kopling wajib diperhatikan, karena jika sudah di bawah batas servis akan sangat berbahaya jika digunakan. Ade menjelaskan, hal tersebut akan merusak komponen CVT lainnya seperti mangkok kopling.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X