Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
LAPORAN LANGSUNG DARI TOKYO MOTOR SHOW 2109

Seperti Ini Jika Tampilan Daihatsu Copen Dibuat Sporty

Kompas.com - 31/10/2019, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Daihatsu ikut membawa Copen yang merupakan mobil roadster mungilnya dalam perheltan Tokyo Motor Show (TMS) 2019.

Menariknya, Copen yang dihadirkan dalam pameran dua tahunan tersebut, tak lagi berparas polos, melainkan lebih sporty berkat sentuhan Gazoo Racing alias GR.

Seperti diketahui, GR sendiri merupakan divisi khusus Toyota yang dibentuk khusus menangani performa serta body kit. Ibaratnya seperti Mugen pada Honda atau M-Performance dari BMW.

Kemunculan Copen versi sporty ini pun memang sudah dirilis oleh Toyota beberapa waktu lalu dengan nama Toyota Copen GR Sport. Artinya, Copen berjubah GR Sport sudah masuk dalam jajaran keluarga Gazoo Racing.

Baca juga: Daihatsu Mulai Kirim Rocky ke Diler

Lantas apa saja yang berubah dari Coper GR Sport ini? Bila melihat dari dimensi dan struktur desainnya, bisa dibilang tak ada yang berbeda. Tapi adanya body kit GR Sport membuat sosoknya kental dengan nuansa sporty.

Copen Gazoo Racing Copen Gazoo Racing

Bagian depan, tepatnya pada gril sudah mengusung konsep functional matrix yang menjadi salah satu ciri khas GR. Model bumper juga dibuat sedikit lebih lebar, sehingga kisi-kisi depan terlihat layaknya mobil sport untuk mendapatkan asupan udara yang lebih banyak.

Sektor pencahayaan menggunakan desain headlamp baru yang dibuat lebih pipih untuk menyesuaikan karakternya. Lampu tersebut sudah ditunjang dengan DRL LED, dan foglamp bulat.

Copen Gazoo Racing Copen Gazoo Racing

Melalui pelebaran bumper depan, Gazoo Racing juga ikut memaksimalkan sisi aerodinamika Copen yang ampil dengan pelek BBS berkelir abu-abu matte. Sedangkan bagian bumper belakang dijejali diffuser shape.

Interior

Geser ke dalam kabin, jok pengendara dan penumpang kini juga lebih bernuansa sporty berkat penggunaan Recaro yang dibalut warna gelap lengkap dengan emblem GR pada bagian tengahnya.

Untuk mengentalkan nuasa agresifnya, bagian dasbor juga sudah disematkan beberapa ornamen karbon. Tak ketinggalan juga pada sektor kemudi yang sudah mengadopasi setier keluaran MOMO.

Baca juga: Kei-car Mendominasi Penjualan Daihatsu di Jepang

Copen Gazoo Racing Copen Gazoo Racing

Kabarnya, GR juga sudah meng-upgrade fitur Active Top untuk membuka dan menutup bagian atap secara otomatis. Daihatsu sendiri memang sudah merancang Copen sebagai sebuah mobil convertibel dua penumpang.

Performa

Sayang, meski sudah dibekali ragam perangkat sporty, tapi urusan mesin rupanya masih sama dengan yang sebelumnya, yakni intercooled turbo berkubikasi 660 cc.

Mesin tersebut mampu mengantarkan tenaga sebesar 62,7 tk pada 6.400 rpm, sementara untuk torsinya mencapai 92,10 Nm pada 3.200 rpm. Konsumen bisa memilih dua pilihan transmisi, yakni lima percepatan manual dan tujuh percepatan CVT yang mengadopsi super active shift - paddle shifter.

Copen Gazoo Racing Copen Gazoo Racing

Bagi konsumen di Indonesia yang tertarik dengan Copen GR Sport, harus mengelus dada, pasalnya si mungil sporty ini sudah tak lagi di pasarkan di Tanah Air. Sementara di Jepang, model ini dijual sebesar Rp 307,4 jutaan hingga Rp 315 jutaan untuk yang CVT.

"Konsumen sudah tak bisa pesan Copen di Indonesia, kami sudah tidak jualan lagi. Peminatnya sepi, dan mobil ini dulu memang kita hadirkan sebagai produk flagship saja, unitnya juga tidak banyak," ucap Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra kepada Kompas.com di Tokyo, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com