Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Motor Pelek 16 Inci Sulit di Pasar, Ini Jawaban Produsen

Kompas.com - 30/10/2019, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pecinta Yamaha Nouvo dan Suzuki Skywave masih eksis hingga saat ini. Namun kendala pemakai skutik dengan pelek 16 inci itu ialah kesulitan mencari ban, baik dalam maupun luar.

Menanggapi hal tersebut, Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire mengatakan, IRC masih membuat ban untuk pelek ukuran 16 inci, namun jumlahnya memang tak banyak.

Baca juga: Kondisi Rusak Berat, Yamaha Nouvo Ini Dibikin Seperti Baru Lagi

"Kita masih produksi, untuk ban dalam maupun ban luar. Tapi memang tidak banyak karena permintaannya juga tidak banyak. Sebab motor yang pelek 16 inci juga sedikit," kata Dodi kepada Kompas.com, Rabu (30/10/2019).

Dodi mengatakan, jika memang dirasa sulit sebaiknya cari di MotoXpress, yaitu gerai milik IRC dengan skema COCO (Company Owned Company Operated) yang memang khusus menjual ban-ban IRC.

"Karena itu jika ada konsumen yang sulit kita arahkan ke MotoXpress. Kemungkinan besar ada, di sana lengkap. Tapi ya bisa juga kosong, tapi kemungkinan besar ada. Karena tetap kita akomodasi yang 16 inci," katanya.

Baca juga: Ini Kisaran Biaya Restorasi Motor Bebek Retro

Elsafan Rendianto, Department Head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR mengatakan, FDR bahkan tidak memproduksi ban ukuran 16 inci untuk motor, yang ada untuk prototipe Kompetisi Mobil Hemat Energi.

"Karena dengan kapasitas yang ada kita fokus untuk pasar yang lebih besar sepeti ban untuk lingkar 12 inci, 13 inci, 14 inci, dan ban 17 inci," kata Rendi panggilannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com