Begini Cara Pasang Turbocharger di Motor Karburator

Kompas.com - 30/10/2019, 08:42 WIB
KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom Dok. KustomfestKTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan turbocharger pada mobil sekarang ini sudah banyak yang langsung dari pabrikan. Tapi, bukan berarti untuk sepeda motor tidak bisa menggunakan perangkat penambah daya mesin itu.

Demi menciptakan tenaga lebih pada mesin, bisa dilakukan dengan menambah volume udara dan bahan bakar di silinder. Salah satu caranya adalah dengan mencangkokkan turbo pada sistem bahan bakar.

Baca juga: KTM Duke 200 Ini Pakai Tambahan Turbocharger

Salah satu penggunanya adalah Putra Darmagita, builder asal Bali dari bengkel custom GTX Motorsport. Putra mengaplikasikan turbo pada KTM Duke 200 garapannya yang dilombakan di ajang Kustomfest 2019 beberapa waktu lalu.

KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX MotorcustomKompas.com/Donny KTM Duke 200 dijejali turbocharger oleh GTX Motorcustom

Putra menjelaskan, ada dua cara dalam memasang turbo pada motor karburator, yakni draw through dan blow through.

"Untuk yang cara pertama, turbo diletakkan setelah karburator. Jadi, turbo akan menghisap bensin dan udara dari karburator. Selanjutnya, baru disalurkan ke intake manifold," ujar Putra, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Fenomena Baru Otomotif, Tren Mobil Mesin Turbo

"Untuk cara yang kedua, turbo diletakkan sebelum karburator. Jadi, udara sudah dipampatkan dan ditiupkan ke karburator. Baru setelah itu menuju ke intake manifold," kata Putra.

Putra menambahkan, untuk cara kedua, tidak bisa mengandalkan penyaluran bahan bakar ke karburator dengan gaya gravitasi saja. Menurutnya, harus menambahkan pompa bahan bakar ke karburator.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X