LAPORAN LANGSUNG DARI TOKYO MOTOR SHOW 2109

Survei Daihatsu, MPV Hybrid Murah Belum Sesuai dengan Selera Pasar

Kompas.com - 30/10/2019, 08:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

TOKYO, KOMPAS.com - Meski sudah melakukan debut dunia pada ajang GIIAS di Agustus 2019 lalu, tapi sampai saat ini pengembangan Daihatsu Hy-Fun belum berjalan mulus.

Selain karena regulasi yang belum jelas, salah satu hal yang menjadi kendala pengembangan calon MPV hybrid murah Daihatsu tersebut adalah faktor ketidak cocokan secara desainnya.

Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, Hy-Fun dirancang sebagai sebuah MPV yang target pasarnya mengarah ke segmen anak muda, namun dari hasil survei yang dilakukan, belum nampak ada kecocokan.

Baca juga: Apa Kabar MPV Hybrid Murah Daihatsu?

"Kami belum ada rencana untuk menaikkan Hy-Fun ke prototipe, kita mau tau dulu regulasinya, karena ini kan hybrid. Kita buat sebagai MPV yang fun untuk anak muda, tapi dari hasil survei kami belum matching," kata Amel beberapa waktu lalu di Tokyo.

Hasil survei yang dilakukan Daihatsu ternyata anak mudah lebih cenderung ke mobil dengan genre sport utility vehicle alias SUV. Karena tren dunia itu maka Daihatsu sampai saat ini mengurungkan niat untuk mengembangkan Hy-Fun.

Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019 Daihatsu HY-Fun GIIAS 2019

Lantas apakah nantinya proyek tersebut akan berhenti, atau justru mengambil sikap untuk mengikuti arus. Artinya, desain Hy-Fun akan dirancang ulang menjadi sebuah SUV agar bisa diterima anak muda.

Saat ditanya soal ini, Amel hanya mengatakan belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai kepastian untuk Hy-Fun.

Baca juga: Rocky, Mobil Baru Daihatsu Segera Meluncur

President of Daihatsu Motor Co Ltd Soichiro Okudaira (kedua dari kiri) meluncurkan konsep Daihatsu Hyfun, MPV hybrid murah, berstatus world premiere di GIIAS 2019.KOMPAS.com/Stanley Ravel President of Daihatsu Motor Co Ltd Soichiro Okudaira (kedua dari kiri) meluncurkan konsep Daihatsu Hyfun, MPV hybrid murah, berstatus world premiere di GIIAS 2019.

"Sekarang ini kita lihat belum match, jadi nanti kami harus riset dan survei lagi untuk melihat kecocokannya. Kalau untuk mesin hybridnya itu kami tinggal tunggu teknis regulasinya," kata Amel.

Bila melihat dari proposisi, sebenarnya bisa saja Daihatsu merubah desain Hy-Fun menjadi SUV agar diterima pasar sesuai segmennya. Apalagi platforma yang digunakan Hy-Fun adalah Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang sama dengan calon SUV barunya, yakni Rocky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.