Selain Chevrolet, Ini 3 Merek Mobil yang Sudah Hengkang dari Indonesia

Kompas.com - 29/10/2019, 07:12 WIB
Chevrolet Trailblazer Aditya Maulana - OtomaniaChevrolet Trailblazer
|

JAKARTA, KOMPAS.com – General Motors yang menjual merek Chevrolet di Indonesia telah menyatakan untuk menghentikan penjualannya pada akhir Maret 2020. Chevrolet menyusul langkah pabrikan Ford yang lebih dulu pergi dari Indonesia sejak 2016.

Dalam keterangan resminya, President GM Asia Tenggara Hector Villareal mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melalui pertimbangan menyeluruh dari berbagai rencana bisnis yang memungkinkan untuk GM Indonesia pada masa depan.

“Di Indonesia, kami tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungn bisnis berkesinambungan,” ujarnya, Senin (28/10/2019).

Baca juga: General Motors Hentikan Penjualan di Indonesia

SUV atas Infiniti QX80 meluncur di Jakarta, Rabu (7/10/2015). Harganya Rp 2,599 milar. Febri Ardani/KompasOtomotif SUV atas Infiniti QX80 meluncur di Jakarta, Rabu (7/10/2015). Harganya Rp 2,599 milar.

Chevrolet bukan merek pertama yang harus menyerah dan menutup seluruh jaringannya di Indonesia. Sebelum Chevy, ada 3 merek ternama yang melakukan hal sama. Simak rangkumannya berikut ini.

1. Infiniti

Infiniti yang dikelola langsung oleh Nissan jadi salah satu pabrikan yang harus menghentikan penjualannya di Indonesia pada pertengahan 2018.

Kompas.com sebelumnya pernah melaporkan, Infiniti memasarkan produknya mulai tahun 2011 dan terkenal sebagai produsen mobil-mobil premium.

Catatan penjualan terbaiknya pernah mencapai 16 unit dalam setahun, tepatnya pada 2013. Namun raihan itu terus menurun dari waktu ke waktu, bahkan pada 2017 dan 2018, Infiniti tak menjual satu unit mobil pun.

Baca juga: Sejarah Singkat Ford di Indonesia

Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L di Pantai Pandawa, Uluwatu, Bali.Azwar Ferdian/KompasOtomotif Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L di Pantai Pandawa, Uluwatu, Bali.

2. Ford

Sejak tahun 2000, PT Ford Motor Indonesia telah berdiri dan mendapat hak sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Tanah Air.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X