Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Berisiko, Berkendara Malam Hari Perlu Cara Khusus

Kompas.com - 28/10/2019, 16:04 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagian orang sering melakukan perjalanan di malam hari. Entah karena menghindari kemacetan, atau baru selesai melakukan aktifitas sehari-hari.

Kondisi yang lebih sejuk kadang juga jadi alasan beberapa orang berkendara di malam hari. Padahal risiko berkendara pada malam hari disebut lebih banyak ketimbang waktu siang hari.

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, salah satu alasan yang membuat risiko berkendara pada malam hari lebih besar adalah soal visibilitas.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan di Senopati, Ini Teknik Belok di Pertigaan

Kalau sudah mengantuk, sebaiknya istirahat dan jangan memaksakan diri menyetirShutterstock Kalau sudah mengantuk, sebaiknya istirahat dan jangan memaksakan diri menyetir

“Seterang-terangnya lampu kendaraan kita, tetap jauh lebih terang cahaya saat siang hari. Hal ini yang membuat visibilitas kita akan terbatas saat malam hari,” ujarnya kepada Kompas.com Senin (28/10/2019).

Selain faktor visibilitas, kondisi biologis atau fisik manusia yang sudah menurun saat malam hari jadi peluang meningkatkan risiko kecelakaan.

“Jam biologis manusia itu kalau sudah malam waktunya istirahat, kalau digunakan untuk tetap beraktifitas tentu ada batasnya. Pasti akan cepat lelah dan mengantuk,” kata Jusri.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Livina di Senopati, Jangan Mengemudi Tengah Malam

Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.

Namun ada cara agar pengemudi tetap aman berkendara saat malam hari, salah satu caranya dengan mempersiapkan tubuh dengan istirahat yang cukup saat siang hari.

“Kalau terpaksa harus berkendara malam hari, lakukan persiapan dengan tidur siang. Ini akan membantu badan lebih segar saat malam hari,” ucapnya.

Dengan kondisi badan yang lebih segar dan siap, kewaspadaan saat berkendara pun tetap terjaga. Sehingga peluang terjadinya kecelakaan bisa diminimalisir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com