Hino Bekali Sopir Truk Pelatihan Keselamatan Berkendara

Kompas.com - 27/10/2019, 14:34 WIB
Hino safety driving di halaman Gedung PRPP Jateng, Kamis (24/10/2019) KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAHino safety driving di halaman Gedung PRPP Jateng, Kamis (24/10/2019)

SEMARANG.KOMPAS.com - Upaya mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan karena human error atau kelalaian pengemudi terus dilakukan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) dengan menggelar Hino Safety Driving Competition.

Menurut Data Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) menyebutkan sebanyak 85 persen kecelakan di seluruh dunia disebabkan karena human error. Di Indonesia sendiri tercatat 97 persen.

Kompetisi ini kembali digelar di Semarang, Jawa Tengah di mana ini merupakan penyelenggaraan ke-28 dan sudah ketiga kalinya digelar di kota Lumpia sebagai upaya mensosialisasikan kampanye keselamatan berkendara.

Baca juga: Terlibat Kecelakaan Tol Cipularang, Hino Kirim Tim Investigasi

"Kami memberikan pelatihan kepada pengemudi truk agar mereka memiliki pengetahuan tentang standar safety driving. Ini penting dilakukan untuk meminimalisir resiko kecelakaan. Supaya pengemudi dapat lebih berhati-hati, " kata Sales & Promotion Director HMSI Santiko Wardoyo saat ditemui di Gedung PRPP Semarang, belum lama ini.

Ilustrasi truk lansiran HinoKompas.com/Setyo Adi Ilustrasi truk lansiran Hino

Total 151 pengemudi truk dari 123 perusahaan di Jawa Tengah mengikuti kompetisi ini. Mereka diberikan bekal pelatihan kemudian mengikuti tes tertulis seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety riding dan tanda rambu-rambu lalu lintas.

Setelah itu 10 perwakilan terbaik dari kategori truk kecil dan 10 perwakilan terbaik dari kategori truk sedang kemudian menjalani inspection test dan skill test serta reserve parking.

"Kami sebagai perusahaan otomotif memiliki tanggung jawab untuk terus mengimbangi kegiatan bisnis dengan sosial. Salah satunya melalui program kampanye keselamatan berkendara," jelas Santiko.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X