Laporan langsung dari Tokyo, Jepang

Toyota Indonesia Berniat Hadirkan Mobil Listrik Ultra Compact

Kompas.com - 26/10/2019, 10:02 WIB
Tokyo Motor Show 2019 KOMPAS.com / Aris HarvendaTokyo Motor Show 2019

Tokyo, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) memperkenalkan mobil listrik (EV : electric vehicle) mungil, di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Tokyo, Jepang, (23/10/2019).

Mobil listrik bernama Ultra Compact tersebut, memang cukup menyita perhatian pengunjung yang datang karena desainnya yang menarik.

Bukan hanya desainnya yang membuat Ultra Compact jadi perhatian, dari informasi yang didapat, mobil berkapasitas 2 orang tersebut akan dijual pada pertengahan 2020.

Interior Toyota Ultra Compact BEVKompas.com - AFH Interior Toyota Ultra Compact BEV
Seolah jadi angin segar karena Toyota tak lama lagi mobil listrik murni. Pertanyaannya adalah apakah Toyota Astra Motor - setidaknya - memamerkan Ultra Compact di Indonesia sebagai jawaban atas tantangan pemerintah akan kebutuhan mobil listrik?

"Kalau ditanya mau atau tidak dipamerkan di pameran Indonesia, tentunya kami ingin sekali (Ultra Compact) bisa hadir di pameran otomotif di Indonesia. Tapi pastinya banyak hal yang harus dipertimbangkan," ujar Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, di sela-sela TMS 2019, di Tokyo, Jepang (23/10/2019).

Produk untuk Indonesia

Terpenting adalah bagaimana penerapan kebijakan atau strategi TAM untuk mobil-mobil ramah lingkungan untuk Indonesia?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com / Aris Harvenda Tokyo Motor Show 2019
"Toyota terus mengembangkan teknologi yang terkait dengan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, apakah itu Hybrid, Plug-in hybrid, BEV, FCEV. Pilihan-pilihan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, regulasi pemerintah, dan kondisi Indonesia. Kami akan terus berdiskusi dengan pemerintah mengenai hal ini," kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto di Tokyo, Jepang, (25/10/2019).

Setidaknya, lanjut Soerjo, masih ada 1 tahun (diatur PP55/2019) untuk menentukan apa yang akan dilakukan Toyota terkait 2025. Waktu ini akan kami pakai untuk terus mememasyarakatkan EV terutama hybrid.

"Yang jelas kami akan bekerja sama memenuhi target pemerintah di tahun 2025 yaitu 20 persen EV di Indonesia. Mudah-mudahan kami bisa menghadirkan yang terbaik untuk Indonesia," ujar Soerjo.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.