Hindari Overheat, Wajib Kuras Radiator Paling Lama Setahun Sekali

Kompas.com - 24/10/2019, 15:32 WIB
Ilustrasi radiator mobil cartreatments.comIlustrasi radiator mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjaga kinerja radiator selalu dalam kondisi optimal adalah salah satu cara mencegah mesin mobil mengalami overheat. Sebab, timbunan kerak dan karat di saluran radiator dapat menyebabkan mesin kepanasan.

Oleh karena itu, pemilik mobil dianjurkan untuk menguras radiator untuk menghindari tersumbatnya saluran radiator.

“Menguras radiator mobil bila sering digunakan, sebaiknya tiap enam bulan sekali. Paling lama setahun sekali,” ujar Service Head Auto2000 Krida Jakarta Selatan Rudi Ganefia, kepada Kompas.com (23/10/2019).

Baca juga: Ingat Lagi Pentingnya Pengecekan Radiator Mobil

Penutup radiator.Febri Ardani/KompasOtomotif Penutup radiator.

Sementara, untuk mengurasnya pun terbilang mudah, pemilik mobil sebetulnya bisa melakukan sendiri di rumah. Pertama lakukan saat kondisi mesin dalam keadaan dingin.

Kemudian, Anda bisa membuang air radiator dengan membuka lubang pembuangan di bagian bawah radiator. Atau kalau tidak ada, buka selang air radiator bagian bawah.

Selanjutnya, buka tutup reservoir air radiator untuk memperlancar air yang sedang dibuang. Bersamaan dengan itu, hidupkan juga mesin mobil untuk membuang air yang terdapat di blok mesin. Sambil memperhatikan indikator temperatur mesin.

Baca juga: Lebih Baik Mengisi Radiator dengan Coolant atau Air Biasa?

Coolant Radiatorwww.wikihow.com Coolant Radiator

Kalau sudah terkuras habis, tutup kembali lubang pembuangan radiator atau pasang kembali selang bagian bawah. Pastikan semuanya rapat kembali, agar tidak terjadi kebocoran.

Isi radiator mobil dengan water coolant hingga penuh, dan hidupkan kembali mesin mobil agar cairan radiator dapat bersirkulasi ke dalam blok mesin.

“Cek air radiator dari tabung reservoir, biasanya perlahan akan menurun lag karena proses sirkulasi mesin,” kata Rudi.

Tambahkan cairan radiator bila perlu, sambil memperhatikan gelembung udara yang keluar sebagai akibat dari proses pengurasan. Tutup tabung reservoir saat air radiator sudah cukup dan tak ada lagi gelembung udara yang keluar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X