Kenali Penyebab Mesin Overheat, Bisa Bikin Mobil Terbakar

Kompas.com - 23/10/2019, 13:02 WIB
Ilustrasi mesin mobil overheat SHUTTERSTOCKIlustrasi mesin mobil overheat
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus mobil terbakar secara tiba-tiba, seperti yang dialami Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad, disinyalir terjadi karena overheat. Kasus ini sendiri merupakan kondisi di mana mesin mobil mengalami panas berlebih.

Kejadian ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, indikasinya temperatur mesin akan meningkat drastis secara cepat.

“Biasanya penyebab terjadinya overheat adalah sistem pendinginan mobil yang bermasalah,” ujar Apre, pemilik bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Mobil Akan Terbakar

Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tibatrofire.com Ilustrasi mobil terbakar secara tiba-tiba

Masalah pada sistem radiator mobil umumnya terjadi karena ada kebocoran, penyumbatan, atau cairan yang habis.

Gejalanya bisa melihat sistem kerja radiator, kipas radiator, thermostat, dan waterpump apakah bekerja dengan baik atau tidak.

“Kalau terdapat masalah pada radiator, kerja mesin tidak berada dalam suhu yang ideal atau sekitar 2.500 derajat Celsius,” katanya.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Mobil Terbakar di Jalan

Ilustrasi mengganti air radiatorSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti air radiator

“Saat suhu mesin terlalu panas, melebihi suhu kerja maksimalnya, cairan radiator akan disirkulasikan. Jika proses sirkulasi ini terhambat, mesin bakal overheat,” ucap Apre.

Tak lama berselang, jarum indikator temperatur di dasbor pasti langsung menempati posisi ‘H’ (Hot). Kalau sudah begini performa mesin pasti terasa menurun, dan sebaiknya mobil langsung dihentikan sejenak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X