Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2019, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Terhitung pada 2020, Jakarta resmi akan menjadi tuan rumah untuk Formula E. Salah satu dari pabrikan yang mengikuti ajang balap jet darat yang ramah lingkungan ini, yaitu Mahindra.

Mahindra sendiri merupakan pabrikan asal India yang belum lama ini mengumumkan resmi beroperasi kembali di Indonesia. Sebagai awalan, Mahindra meluncurkan mobil pikap Scorpio Pikup.

Baca juga: Mahindra Baru Luncurkan Produk Baru Dua Tahun Lagi

Meski sudah lama mendunia, di Indonesia, nama Mahindra masih terdengar asing. Tapi di Formula E, Mahindra termasuk pabrikan yang ikut bersaing sejak musim pertama.

Mahindra Racing dalam Formula EAutosport Mahindra Racing dalam Formula E

Joydeep Moitra, Head of International Operations - Automotive, Mahindra & Mahindra Ltd., mengatakan, sekitar 5-6 tahun yang lalu, Mahindra memutuskan untuk terjun ke industri kendaraan listrik.

"Sekarang, kami adalah manufaktur kendaraan listrik terbesar di India sejauh ini. Memang ini adalah industri yang masih berkembang. Tapi, yang menarik adalah sejak musim pertama hingga sekarang, Mahindra tercatat sebagai salah satu konstruktor terbaik dalam Formula E," ujar Joydeep, di sela-sela peluncuran Scorpio Pikup, di Jeep Station Indonesia, Bogor, belum lama ini.

Meski demikian, Joydeep menambahkan, antara Mahindra yang ada di Formula E dengan di Indonesia adalah dua departemen yang berbeda.

Baca juga: Selain Pikap, Masih Ada Mahindra Scorpio SUV

"Menurut saya, hadirnya Mahindra di Indonesia dengan Jakarta menjadi tuan rumah Formula E untuk 2020, hanyalah kebetulan saja. Tidak ada hubungannya dengan kedatangan Mahindra saat ini," kata Joydeep.

Joydeep mengatakan, hal tersebut bisa menjadi kebetulan yang baik. Sebab, ini akan memberikan Mahindra banyak kesempatan untuk memantapkan mereknya dan meningkatkan brand awareness.

"Akan menarik juga melihat reaksi masyarakat melihat pabrikan asal India balap di tingkat internasional ini. Sebab, Mahindra sangat serius sekali dalam Formula E ini dan tampil cukup kompetitif," ujar Joydeep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com