Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha RX-King, Masih Ada yang Jual Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 19/10/2019, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dahulu, motor 2-tak dianggap menyumbang polusi dan konsumsi bahan bakarnya yang boros. Tapi sekarang, motor 2-tak mulai dicari kembali. Salah satunya adalah motor legendaris Yamaha RX-King.

Purwanto, kolektor motor lawas, mengatakan, harga RX-King semakin naik, meski perlahan. Apalagi, jika RX-King tersebut kondisinya masih orisinil.

Baca juga: Perlahan Tapi Pasti, Harga Yamaha RX-King Makin Tinggi

"Motor RX-King yang kondisinya tidak dimodifikasi atau dengan kata lain standar pabrikan, itu yang sebenarnya banyak dicari," ujar Purwanto, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kustom Yamah RX-King Kustom Yamah RX-King

Purwanto menambahkan, harga yang semakin meningkat tersebut disebabkan banyaknya permintaan, tapi populasi motornya semakin sedikit.

"Apalagi, untuk RX-King yang diproduksi sebelum tahun 2006. Tapi, paling banyak dicari tetap RX-King Cobra," kata Purwanto.

Pada tahun 2006, Yamaha melakukan penyegaran pada RX-King. Beberapa ubahan dilakukan, mulai dari bagian lampu depan dan belakang, hingga knalpotnya. Bagian knalpot sudah menggunakan catalytic converter.

Baca juga: Pasca-Suntik Mati, Suku Cadang RX-King Masih Terjaga

RX-King Cobra sendiri adalah RX-King generasi pertama yang diproduksi tahun 1983 hingga tahun 1991. Nama Cobra sendiri didapat karena bentuk setang yang meliuk-liuk seperti leher ular cobra.

Melihat data yang dikumpulkan Kompas.com dari beberapa situs jual beli kendaraan, tak sedikit yang menjual RX-King. Tapi, sebagian besar menawarkan dengan harga yang tinggi.

Masih ada yang menjual RX-King Cobra, produksi tahun 1991, dengan kondisi baik. Harga yang ditawarkan mencapai Rp 20 juta.

Paling banyak dijual RX-King produksi pertengahan '90-an ke atas hingga 2000-an. Harganya sendiri mulai dari Rp 5 jutaan dengan kondisi seadanya hingga Rp 30 jutaan dengan kondisi baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com