Cari Mobil Bekas, Perhatikan Sektor Kaki Agar Tak Habis Banyak Uang

Kompas.com - 16/10/2019, 13:23 WIB
Livina masih jadi incaran di pasar mobil bekas meski model terbarunya sudah hadir Kompas.com/Setyo AdiLivina masih jadi incaran di pasar mobil bekas meski model terbarunya sudah hadir
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencari mobil bekas usia muda lebih mudah dibandingkan dengan yang berusia tua. Mobil bekas usia satu sampai lima tahun biasanya bisa langsung dipakai tanpa perlu banyak meremajakan komponennya.

Selain memastikan bodi dan mesin dalam keadaan baik, calon konsumen harus mengecek bagian kaki-kaki. Mulai dari sokbreker, bushing arm, bearing, hingga roda yang mencakup pelek serta ban.

Menurut Rudi Ganefia, Service Head Auto2000 Krida, Jakarta Selatan, kaki-kaki perlu dapat perhatian lebih sebab lebih rentan mengalami kerusakan ketimbang komponen mesin.

Baca juga: Cari Mobil Bekas, Pilih Bodi Mulus Atau Mesin Bagus?

Ilustrasi spooring dan balancing roda mobilSTANLY RAVEL Ilustrasi spooring dan balancing roda mobil

“Biasanya lebih gampang rusak daripada mesin, karena pemakaian seperti sering lewat jalan rusak, menghajar lubang, dan polisi tidur. Atau juga karena sering membawa beban penuh,” katanya kepada Kompas.com (16/10/2019).

Hal tersebut lama kelamaan akan berimbas pada performa kaki-kaki yang menurun. Makanya calon konsumen mobil bekas usia muda harus sisihkan dana yang cukup besar untuk memperbaikinya.

Di bengkel Auto2000 misalnya, konsumen bisa memanfaatkan jasa general check-up untuk mengetahui riwayat perbaikan mobil bekas yang diincar, khususnya untuk keluaran Toyota.

Baca juga: Perawatan Mudah dan Pajak Murah Jadi Daya Tarik Mobil Bekas

Sokbreker Grand New Avanza di bagian belakang direbahkan sebagai bagian dari perbaikan kaki-kaki.Febri Ardani/KompasOtomotif Sokbreker Grand New Avanza di bagian belakang direbahkan sebagai bagian dari perbaikan kaki-kaki.

Dengan mengeluarkan kocek Rp 150 ribu, konsumen dapat mengetahui bagian mana saja yang perlu diganti atau diperbaiki.

Rudi pun menyarankan untuk memprioritaskan mobil bekas dengan kondisi kaki-kaki yang masih baik. Sebab kondisi sokbreker, bushing arm, bearing, dan roda yang bagus pertanda pemilik sebelumnya merawat serta memperlakukan mobil dengan apik.

“Biasanya kalau kaki-kaki masih baik, umumnya mesin masih dalam kondisi yang baik juga. Jadi perbaikan mobil bekas yang diincar tidak terlalu banyak dan bisa langsung dipakai,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X