Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggih, Ini Fitur Lengkap Kamera Badan di Polisi Lalu Lintas

Kompas.com - 15/10/2019, 10:37 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menunjang aktivitas di lapangan, Dirktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, saat ini membekali anggotanya dengan kamera pengawas multifungsi yang dipasang pada saku seragamnya.

Alat pantau yang dinamakan body camera (kamera badan) tersebut tak hanya bisa menampilkan video secara live atau pun merekam dengan kualitas HD, tapi juga memiliki kemampuan serba bisa lainnya dengan daya tahan baterai hingga delapan jam.

Pertama dari Global Positioning System atau GPS yang berfungsi untuk memantau lokasi para anggota Polisi Jalan Raya (PJR) saat melaksanakan tugasnya. Seperti diketahui, untuk tahap awal ada 16 body camera yang sudah terpasang di anggota PJR.

Baca juga: Bodi Kamera Polisi Punya Fitur Seperti CCTV Tilang Elektronik

Setelah itu koneksi Wi-Fi melalui sim card dengan koneksi jaringan 4G. Adanya jaringan internet tersebut, selain bisa memberikan pantauan secara real time, otomatis body camera juga langsung tersambung ke back office. Dengan begitu semua aktivitas petugas akan benar-benar diawasai.

Para pelanggar jalur ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang terkena sanksi tilang, Selasa (10/9/2019)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI Para pelanggar jalur ganjil genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara yang terkena sanksi tilang, Selasa (10/9/2019)

Bahkan menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, body camera juga memiliki fitur canggih berbasis tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Kameranya juga bisa untuk pengawasan pelanggaran lalu lintas seperti ETLE, bedanya ini lebih mobile karena dipasang ke anggota yang bertugas di lapangan dan terkonseksi ke back office langsung," kata Nasir kepada Kompas.com, Senin (14/10/2019).

Bila anggota mendapat kendala di lapangan dan membutuhkan bantuan, juga tersedia fitur panic button.

Sesuai namanya, fitur ini seperti tombol darurat yang akan memberikan informasi ke back office untuk meminta bantuan personel saat situasi darurat.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyediakan alat komunikasi berteknologi tinggi bagi anggota yang bertugas di lapangan. Kamera portabel itu biasa disebut body camera. Dokumentasi Polda Metro Jaya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyediakan alat komunikasi berteknologi tinggi bagi anggota yang bertugas di lapangan. Kamera portabel itu biasa disebut body camera.

Baca juga: Anti-suap, Polisi Lalu Lintas Dilengkapi Bodi Kamera

Lebih dari itu, adanya body camera ini juga menjadi upaya bagi polisi untuk mencegah terjadinya praktik pungli dari para anggota di lapangan saat melakukan tindakan dari para pelanggar lalu lintas atau ketika menjalan tugasnya.

Nasir menjelaskan semua kegiatan dan percakapan para petugas dan pengemudi yang melanggar akan terekam dengan jelas. Dengan demikian, akses untuk praktik suap atau pungli bisa diminimalisir.

"Untuk melihat kegiatan dan tindakan anggota di lapangan dalam pengawasan," ujar Nasir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com