Baru 1 Jalur Transjakarta yang Dipasang Kamera Tilang Elektronik

Kompas.com - 14/10/2019, 07:02 WIB
TransJakarta sedang uji coba teknis bus listrik. IstimewaTransJakarta sedang uji coba teknis bus listrik.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain di jalan Sudirman-Thamrin dan tol, rencana penerapan tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) di ruas-ruas koridor Transjakarta, sampai saat ini juga belum resmi dilakukan.

Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, tertundanya pelaksanaan ETLE di lajur busway lebih karena kendala internal dari PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

"Kalau dari Transjakarta itu lebih ke internal mereka, tapi sejauh ini memang sudah ada yang dipasang bahkan uji coba kemarin di Mampang. Kalau untuk seluruhnya belum," kata Nasir kepada Kompas.com, Minggu (13/102019).

Baca juga: Bulan Depan, 12 Koridor Transjakarta Terpasang Kamera ETLE

Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

Nasir menjelaskan untuk kendala di Transjakarta lebih ke masalah teknis perusahaan. Salah satunya seperti anggaran soal pengadaan kamera CCTV yang kabarnya masih terkendala.

"Jadi masalahnya teknis di mereka, sekarang sudah ada dua, tapi untuk lainnya kan tergantung anggaran, kan tidak ada juga anggaran di akhir tahun," kata Nasir.

Penindakan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik yang mulai dilakukan pada Kamis (1/11/2018) di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/ RIMA WAHYUNINGRUM Penindakan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik yang mulai dilakukan pada Kamis (1/11/2018) di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Hubungan Masyarakat Transjakarta Nadia Diposanjoyo, memastikan pila pemasangan CCTV ETLE akan diterapkan di 12 koridor pada awal Oktober ini. Namun sampai detik ini, baru satu koridor yang sudah terealisasi.

Baca juga: Ribuan Pengendara Kena Tilang ETLE

Melansir dari NTMCPolri, pada Jumat (11/10/2019) lalu, Polda Metro Jaya bersama Transjakarta sudah mulai melakukan uji coba kamera tilang elektronik di jalur busway pada koridor VI dari Stasiun Barat Ragunan hingga Dukuh Atas 2.

"Sudah kita pasang kamera ETLE sudah terkoneksi satu koridor dua kamera," ujar Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazlurrahman yang disitat dari laman NTMCPolri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X