Kompas.com - 12/10/2019, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah di depan mata. Tak sedikit pengendara sepeda motor yang menerabas genangan bahkan banjir. Jika sudah begitu pilihannya adalah ada yang berhasil lewat atau justru mogok.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, jika motor mogok saat terabas banjir cari tempat yang kering, diamkan motor dan jangan langsung nyalakan mesin.

Baca juga: Sering Terabas Genangan Air Jangan Lupa Cek Bagian Ini

"Mogok dikarenakan cangklong busi dan busi terkena air. Lepaskan cangklong busi lalu keringkan, bika ditiup atau pakai lap kering. Businya juga demikian," kata Suherman kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Motor terabas banjirFoto: Motorplus-online Motor terabas banjir

Suherman mengatakan, selain mengeringkan cangklong busi dan busi, perhatikan apakah saat mogok ada bunyi aneh dibagian mesin seperti bunyi besi benturan atau bunyi gesekan keras. Jika iya maka masalahnya bukan busi.

"Yang perlu jadi catatan jangan mencoba untuk menerobos banjir dikarenakan yg pertama bisa jadi mesin macet Karena pukulan dari suhu mesin panas ke dingin (water hammer) yang bisa mengakibatkan mesin macet," katanya.

Baca juga: Kenali Bahaya Naik Motor saat Kondisi Hujan Gerimis

Suherman mengatakan, buat yang menerabas genangan air ada baiknya segera periksa kondisi mesin ke bengkel. Sebab dikhawatirkan tetap ada air yang masuk ke mesin dan jangan sampai bercampur dengan oli.

"Jika sudah terlanjur menerjang banjir selalu periksa kondisi motor, dikarenakan air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.