Daihatsu Lagi Kembangkan Mesin 1.0L Turbo

Kompas.com - 11/10/2019, 18:22 WIB
Daihatsu Thor Grand Custom di GIIAS 2017. Ghulam/KompasOtomotifDaihatsu Thor Grand Custom di GIIAS 2017.

BANDUNG, KOMPAS.com - Daihatsu Indonesia mengaku sedang melakukan studi untuk mobil bermesin 1.000 cc turbo. Tujuannya, guna membandingkan dengan mesin konvensional (non turbo) dari segala aspek.

Informasi ini disampaikan Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra ketika mengonfirmasi Daihatsu Thor yang kedapatan sedang melakukan tes jalan di ruas Tol Jakarta - Cikampek beberapa waktu lalu.

"Kami tidak akan mengeluarkan mobil kecil seperti itu, tapi memang sedang dilakukan studi terkait pemakaian mesin 1.0L turbo," katanya di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Daihatsu Thor Cuma Jalan-Jalan di Indonesia

Daihatsu ThorFoto: Mobil123 Daihatsu Thor

Amelia menyebut saat ini pemakaian turbo di mobil kecil menjadi tren tersendiri di kalangan anak muda. Maka, bila hasil uji menyatakan mesin turbo punya benefit lebih dibanding yang non-turbo, tak menutup kemungkinan Daihatsu akan menggunakan mesin tersebut.

"Mesin seperti ini disukai anak muda, karena konsumen yang keluarga atau sudah tua, dia tidak mementingkannya. Lebih kepada kapasitas dan efisiensi bahan bakar mobil," katanya.

"Ini sedang diuji dahulu, ke depannya apakah dimasukkan ke produk yang sudah ada atau bagaimana, pada waktunya akan kami kabarkan. Saat ini di tes untuk keperluan R&D," ujar Amelia.

Baca juga: Banyak Kasus Gagal, Daihatsu Tolak Pasarkan Thor di Indonesia

Daihatsu ThorKOMPAS.com/Gilang Daihatsu Thor

Sebelumnya, Thor tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di ruas Tol Jakarta - Cikampek. Sosoknya terlihat jelas tanpa ditutupi stiker kamuflase seperti biasanya mobil baru.

Thor sendiri merupakan mobil 5-penumpang dengan pintu geser dengan dimensi panjang 3.755 mm, lebar 1.670 mm, dan 1.735 mm. Mobil ini disematkan mesin 996 cc, tiga silinder dengan transmisi CVT yang mampu menghasilkan 67 hp dan 90 Nm.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X