Tips Ringan Usir Embun di Helm saat Hujan

Kompas.com - 10/10/2019, 13:45 WIB
Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan Kompas/Iwan SetiawanPahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim penghujan sudah memasuki wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Biasanya, permasalahan yang sering muncul saat berkendara di tengah hujan adalah munculnya embun pada bagian kaca atau visor helm.

Pengembunan atau kondensasi terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari luar ruangan. Sehingga, udara yang ada tidak dapat lagi menahan semua uap air. Kelebihan uap air akan berubah menjadi embun.

Baca juga: Begini Cara Rawat Kaca Helm saat Musim Hujan

Munculnya embun di permukaan dalam visor helm tentu akan sangat mengganggu penglihatan atau visibilitas saat berkendara. Hal ini juga berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Pelapis kaca helm anti embun.Ghulam/Otomania Pelapis kaca helm anti embun.

Tugimin, Research & Development PT Tarakusuma Indah selaku produsen helm KYT, menyarankan untuk menggunakan lensa bebas embun (fog free lens), seperti Rareli atau Pinlock.

"Sebaiknya pakai yang asli, karena yang palsu sudah pasti kualitasnya berbeda," ujar Tugimin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cara Mudah Rawat Tampilan Kendaraan pada Musim Hujan

Tugimin menambahkan, ada cairan lain yang bisa ditemukan sehari-hari yang bisa mengusir embun pada helm, seperti minyak kayu putih atau sabun cuci cair untuk piring.

"Untuk minyak kayu putih, sebelum digunakan, dijemur dulu hingga kering. Embun tidak akan menempel jika visor terlapisi zat silikon," kata Tugimin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X