Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Skema 2-1, Touring ke Puncak Jadi Lebih Mudah

Kompas.com - 08/10/2019, 13:30 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas dengan skema 2-1 di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan memudahkan kegiatan touring baik dengan sepeda motor maupun mobil. Sebab, pengendara tidak harus menunggu pagi atau dini hari untuk memulai perjalanan.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan, hal ini karena jalur tersebut terus dibuka membuat arus kendaraan selalu bergulir. Tidak ada jalan yang ditutup sementara seperti sebelumnya.

"Berbeda dengan sistem buka-tutup, skema baru ini memungkinkan arus kendaraan baik yang naik maupun turun terus bergulir. Jadi, ada keleluasaan bagi masyarakat untuk melakukan mobilitas, tidak ada one way," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Berikut Kelebihan Skema 2-1 di Jalur Puncak

Touring Komunitas Ducatidok.ducati indonesia Touring Komunitas Ducati

Oleh sebab itu, diimbau bagi para pengendara yang ingin melintasi Jalur Puncak maupun wisata ke Kawasan Puncak, terutama yang berkegiatan touring, untuk melakukan perencanaan perjalanan secara baik kembali. Jangan memusatkan di satu waktu yakni pagi hari (saat naik).

"Jangan lagi berbondong-bondong berangkat pagi hari jika melewati Jalur Puncak, kapanpun bisa. Saya tegaskan kepada pengendara agar bisa membagi perjalanannya dari pagi sampai dengan malam hari, menyesuaikan kebutuhan masing-masing," ujar Fadli.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Tidak Bisa Diterapkan di Jalur Puncak

Touring mobil kuno ke Sabangdok.PPMKI Touring mobil kuno ke Sabang

"Dengan begitu, pengemudi juga akan lebih nyaman dan bugar saat berkendara karena waktu istirahat cukup, tidak diburu waktu (karena ada sistem buka-tutup)," katanya.

Perlu diketahui, skema 2-1 akan membagi Jalur Puncak (dari Gadog menuju Taman Safari) menjadi tiga lajur dengan waktu berbeda-beda. Yakni, pukul 03.00 WIB-13.00 WIB dua lajur bagi kendaraan mengarah ke Puncak (naik), pukul 14.00 WIB-20.00 WIB dua lajur bagi kendaraan mengarah ke Simbang Gadog (turun), serta masa transisi di pukul 13.00 WIB-14.00 WIB (perpindahan jalur yang naik dan turun).

Pengaturan lalu lintas kembali normal pada pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com