Polisi Akan Tilang Kendaraan yang Masuk Jalur Sepeda

Kompas.com - 07/10/2019, 07:22 WIB
Jalur sepeda di jalan Melawai Raya mengarah ke Plaza Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019) KOMPAS.COM/WALDA MARISONJalur sepeda di jalan Melawai Raya mengarah ke Plaza Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan 17 ruas jalan untuk pengguna sepeda. Uji coba jalur ini bakal dibagi dalam tiga fase dengan waktu pelaksanaan berbeda-beda selama dua bulan.

Total ada tujuh jalur yang akan diujicobakan pada 20 September hingga 19 November 2019. Apabila sudah terpasang rambu lalu di sepanjang jalur itu, maka kendaraan lain seperti mobil atau sepeda motor akan dikenakan tilang sesuai dengan aturan.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir. Menurut dia, sanksi itu berlaku apabila jalur sepeda sudah permanen dan dipasang rambu.

Baca juga: Tidak Bayar Denda Tilang Elektronik, Data Kendaraan Bisa Dihapus

Kondisi jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA Kondisi jalur sepeda di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

" Jalur sepeda akan dilengkapi dengan rambu dan marka, sepanjang rambu dan marka itu mempunyai kekuatan tubuh tetap, maka poisi bisa melakukan tindakan ke pelanggar yang tidak sesuai," ucap Nasir akhir pekan lalu.

Baca juga: Tidak Membayar Denda Tilang Elektronik, STNK Bisa Diblokir

Tampak Jalan Pramuka, Jakarta Timur macet, sejumlaj pengendara sepeda motor gunakan jalur lintasan sepeda agar lancar, Jumat (20/9/2019).KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Tampak Jalan Pramuka, Jakarta Timur macet, sejumlaj pengendara sepeda motor gunakan jalur lintasan sepeda agar lancar, Jumat (20/9/2019).

Sanksi yang diberikan kepada pelanggar, lanjut Nasir seperti denda maksimal Rp 500.000 atau kurungan pidana dua bulan.

Baca juga: Ini Daftar Pelanggaran dan Denda Tilang Elektronik di Jalan Tol

Sebanyak tujuh jalur akan diujicobakan pada 20 September-19 November 2019 sepanjang hari. Rutenya sebagai berikut :

Jalur sepeda di depan Melawai Plaza, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019)KOMPAS.COM/WALDA MARISON Jalur sepeda di depan Melawai Plaza, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019)

1. Jalan Medan Merdeka Selatan

2. Jalan M.H Thamrin

3. Jalan Imam Bonjol

4. Jalan Pangeran Diponegoro

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X