Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Petronas SRT Siap Lepas Quartararo ke Ducati?

Kompas.com - 05/10/2019, 14:56 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

ROMA, KOMPAS.com – Pebalap muda berbakat asal Perancis, Fabio Quartararo, menjalani musim pertamanya di kelas MotoGP dengan impresif. Tampil bersama tim satelit Petronas Yamaha SRT ternyata tak menghalangi performanya untuk masuk ke jajaran terdepan.

Sejauh ini, Quartararo telah mendapat tiga kali pole position dan empat kali naik podium. Bahkan di MotoGP San Marino beberapa waktu lalu, ia nyaris mengalahkan Marc Marquez dalam merebut kemenangan hingga putaran terakhir.

Kini ia mulai dilirik tim MotoGP lain, isu kepindahan Quartararo pun mulai santer terdengar. Untuk diketahui, kontraknya dengan Petronas Yamaha SRT akan berakhir pada 2020. Saat waktunya tiba, ia bisa bebas menentukan masa depan karirnya di MotoGP.

Baca juga: Marquez Jelaskan Penyebab Kecelakaan di FP1 MotoGP Thailand

Marquez mulai waspadai persaingan dari Vinales dan Quartararo.MotoGP Marquez mulai waspadai persaingan dari Vinales dan Quartararo.

Yamaha tentu akan memberi tawaran yang akan sulit ditolak Quartararo, namun pabrikan garpu tala itu tidak sendirian. Isunya Ducati pun mulai melirik pebalap bernomor 20 itu.

“Benar-benar tergantung Fabio bagaimana untuk mencapainya. Jika ia ingin uang, ia bisa saja dengan Ducati,” ujar Wilco Zeelenberg, Manager Petronas Yamaha SRT kepada GpOne.

Meski begitu, Zeelenberg mengatakan, pindahnya Quartararo ke Ducati atau pabrikan lain belum tentu membuat performanya semakin baik. Sebab banyak kasus pebalap malah menurun performanya setelah pindah pabrikan.

Baca juga: Quartararo Optimis Raih Hasil Gemilang di MotoGP Thailand

Fabio Quartararo finis di urutan kedelapan di GP Le Mans 2019.Foto: Instagram Fabio Quartararo finis di urutan kedelapan di GP Le Mans 2019.

“Namun jika motor tidak sesuai dengan gaya balap, maka kamu akan mengakhiri dua tahun dengan banyak uang namun tanpa memenangkan lomba,” katanya.

Ia juga berpesan, jika Quartararo mengincar mahkota juara MotoGP ada baiknya untuk menetap di tim balap Yamaha. Sebab pindah ke Ducati sama saja berarti berganti gaya berkendara, dan tidak semua orang mudah melakukannya.

“Dan jika tantanganmu adalah untuk menjadi uara dunia, maka kamu butuh pendekatan berbeda. Artinya motor yang bersahabat, konsisten dengan gaya riding, dan itu tentu saja Yamaha M1,” ucap Zeelengberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com