Jika Berkendara Dekat Truk, Perhatikan Blind Spot

Kompas.com - 04/10/2019, 08:22 WIB
Olah TKP Kecelakaan Truk Pertamina Selesai, GT Rawamangun dan Jalan Tol Wiyoto Wiyono Kembali dibuka, Rabu (24/7/2019). DEAN PAHREVI/KOMPAS.comOlah TKP Kecelakaan Truk Pertamina Selesai, GT Rawamangun dan Jalan Tol Wiyoto Wiyono Kembali dibuka, Rabu (24/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengendarai mobil atau sepeda motor, sebaiknya perhatikan jarak aman ketika berada di dekat kendaraan besar, seperti truk atau bus. Sebab, potensi kecelakaan cukup besar saat.

Hal ini dikarenakan truk memiliki banyak blind spot untuk kendaraan yang lebih kecil seperti motor atau mobil. Blind spot sendiri merupakan area di mana posisi kendaraan lain tidak terlihat oleh pengemudi.

Baca juga: Ini Dua Titik Blind Spot Truk, Pengendara Lain Wajib Tahu

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan jarak aman dengan truk sebenarnya sama dengan kendaraan kecil.

Ilustrasi slipstream di belakang trukcnet.com Ilustrasi slipstream di belakang truk

"Untuk menjaga jarak aman, bisa dengan hitung jeda antara kendaraan kita dengan kendaraan di depan, selama tiga detik," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Marcell menambahkan, yang perlu diperhatikan adalah blind spot truk. Hal inilah yang sebaiknya dihindari oleh pengemudi motor atau mobil. Setidaknya, ada tiga hal yang perlu dilakukan saat berkendara di dekat truk.

Baca juga: Rawan Kecelakaan, Ini Area “Blind Spot” pada Truk

"Pertama, pastikan kita masih dapat melihat spion truk. Artinya, pengemudi truk juga masih bisa melihat kita melalui spionnya," kata Marcell.

Kedua, Marcell menyarankan untuk tidak berkendara di area blind spot, di mana pengemudi truk tidak bisa melihat posisi kita melalui spionnya.

"Hindari dengan mendahului atau tetap di posisi di mana kita masih dapat melihat spion truk," ujar Marcell.

Terakhir, bila mendahului truk, pastikan kita telah benar-benar melewati truk tersebut. Agar pengemudi truk sadar terhadap keberadaan kita dan kita tidak terjebak di blind spot depan truk.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X