Ratusan Esemka Bima Diklaim Sudah Terpesan Via Dewan UKM

Kompas.com - 03/10/2019, 12:42 WIB
Pikap Esemka Bima 1.2 Pikap Esemka Bima 1.2
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan UKM Indonesia yang juga ditunjuk sebagai salah satu distributor Esemka Bima buatan PT Solo Manufaktur Kreasi, mengaku sudah menerima pesanan ratusan unit.

"Sampai sekarang itu 200-an unit yang kita terima, tapi melihat dari skala potensinya memang bisa lebih bahkan sampai 1.000 unit karena anggota kami juga banyak di dearah-daerah," kata Ketua Komite Nasional Dewan UKM Indonesia Irwan Wijaya kepada Kompas.com, Kamis (3/10/2019).

Irwan menambahkan, bila merunut dari anggota-anggota Dewan UKM yang membutuhkan mobil guna usahanya, berdasarkan verifikasi data jumlahnya mencapai 13.000 unit semantara waktu ini.

Baca juga: Esemka Garuda Mulai Unjuk Diri

Mobil pikap Bima juga diluncurkan bersamaan denga peresmian pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) siang.KOMPAS.com/STANLY RAVEL Mobil pikap Bima juga diluncurkan bersamaan denga peresmian pabrik mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi, di Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019) siang.

Namun demikian, proses pemesanan Esemka Bima 1.2 dari PT Solo Manufaktur Kreasi sendiri memang nantinya akan mengikuti alur produksi.

Artinya saat ada permintaan, pabrik baru akan menggenjot roda perputaran produksi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Mengenai tingginya pemesanan Esemka dari kubu Dewan UKM juga diakui bukan hanya karena alasan harga unit yang terjangkau dibandingkan kompetitor lain di segmennya, tapi juga untuk menyerap produk buatan anak bangsa.

Mobil Esemka Bima 1.2 dan 1.3 di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi Mobil Esemka Bima 1.2 dan 1.3 di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi

Apalagi UKM sendiri juga merupakan badan yang menaungi usaha-usaha buatan lokal dari skala kecil hingga menengah yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan Esemka.

Jaringan

Masalah jaringan untuk sementara waktu ini juga menjadi salah satu tantangan yang akan dikejar Dewan UKM.

Rencananya, guna mengatasi hal tersebut, Dewan UKM akan menyeleksi anggotanya yang bergerak di bidang bengkel umum untuk memfasilitasi perawatan Esemka Bima.

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali

Baca juga: Tampil di TTG Nasional, AMMDes Dapat Pujian, Esemka Tuai Pesanan

"Kita punya anggota juga yang bergerak dibidang perbengkelan, jadi kami akan melakukan evaluasi dan penujukkan sementara waktu. Nanti bengkel tersebut akan mendapat pelatihan dari pihak Esemka mengenai perawatan. Ini hanya sementara saja, karena ke depan PT Unisat Oto juga akan membangun jaringan 3S," ujar Irwan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X