Michelin Siapkan Ban Khusus untuk MotoGP Thailand

Kompas.com - 02/10/2019, 16:52 WIB
Michelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International Circuit Foto: Cycle NewsMichelin akan membawa berbagai kompon ban yang telah disesuaikan dengan karakter Chang International Circuit
|

BURIRAM, KOMPAS.comMotoGP Thailand yang akan berlangsung di Chang International Circuit Buriram, pada Minggu (6/10/2019), diprediksi bakal membuat ban belakang lebih cepat overheat.

Seperti diketahui, konstruksi sirkuit dengan jarak 4,5 Km dan 12 tikungan, serta cukup panjangnya trek lurus, membuat kembangan ban bakal cepat habis.

Sebagai penyedia utama ban di kelas MotoGP, Michelin dikabarkan akan membawa ban dengan spek khusus yang tidak akan mengurangi performa saat kondisi panas berlebih.

Baca juga: Simak Jadwal MotoGP Thailand Akhir Pekan Ini

Michelin siapkan ban spesial untuk MotoGP Thailandgpone.com Michelin siapkan ban spesial untuk MotoGP Thailand

Ban ini akan tersedia dalam kompon soft, medium, hingga hard, seperti halnya pilihan ban untuk kebutuhan balap. Namun yang berbeda adalah tapak ban sebelah kanan disebut akan lebih keras dari yang sebelah kiri.

Hal ini berdasarkan pengalaman MotoGP Thailand pada musim lalu, di mana ban belakang bekerja sangat keras. Terutama ketika menghadapi banyaknya tikungan yang mengarah sebelah kanan.

Berbeda dengan yang belakang, ban depan disebut akan tetap mengusung kompon yang simetris.

Piero Taramasso, Manager of Two-Wheels Michelin Motorsport, mengatakan bahwa ini adalah kali ketiga pihaknya menyediakan ban untuk balap di Buriram.

Michelin disebut telah belajar banyak hal dan akan memberikan beberapa penyesuaian pada ban yang digunakan esok.

Baca juga: Peran Pedrosa Kembangkan Motor KTM Dipuji Sang Bos

Michelin akan menjalani musim MotoGP 2016 sebagai pemasok ban tunggal.motociclismo.es Michelin akan menjalani musim MotoGP 2016 sebagai pemasok ban tunggal.

“Ini adalah sirkuit yang akan menyiksa ban belakang, seperti di Austria. Ban belakang akan overheat di penghujung balapan,” katanya seperti dikutip dari GP One, Rabu (10/2/2019).

Taramasso juga menyebutkan, kemungkinan hujan pada MotoGP Thailand akan tinggi. Tak heran Michelin bakal menyiapkan beberapa opsi ban, termasuk ban kering dan ban basah yang spesial.

“Tahun lalu kami telah katakan bahwa cuaca akan lebih dingin dan basah pada Oktober. Namun kenyataannya panas dan kering, jadi kami akan siapkan beberapa tipe ban untuk berbagai kondisi,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X