Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses, IMX 2019 Capai Transaksi Rp 3,8 Miliar

Kompas.com - 02/10/2019, 13:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 berhasil mencatatkan transaksi Rp 3,8 miliar dua hari (28-29 September 2019) pameran. Dibandingkan tahun sebelumnya, nilai tersebut naik sekitar Rp 800 juta.

Project Director IMX 2019 Andre Mulyadi, mengatakan, helatan kedua yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMMA) ini mampu menggairahkan dan membesarkan industri modifikasi dalam negeri. Ekosistemnya pun mulai terbentuk.

“Indonesia Modification Expo (IMX) saat ini merupakan satu-satunya expo modifikasi dengan tujuan untuk mendukung dan memfasilitasi semua potensi munculnya part-part aftermarket di Indonesia,” ujar Andre di keterangan resminya, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Baca juga: Peran Kunci Modifikasi dalam Kemajuan Industri Otomotif

Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019STANLY RAVEL-KOMPAS.com Toyota FJ Cruiser 6.000 cc IMX 2019

Sepanjang dua hari pameran, IMX 2019 berhasil mencatatkan nilai transaksi yang lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Transaksi tahun sebelumnya mencapai Rp 3 miliar.

"Hal ini tidak lepas dari keterlibatan peserta juga yang naik hingga 30 persen dibanding IMX 2018," katanya.

Ford Mustang 1967 bergaya Eleanor seperti di film Gone in 60 Second milik Sean Gelael di ajang IMX 2019Kompas.com/Dio Ford Mustang 1967 bergaya Eleanor seperti di film Gone in 60 Second milik Sean Gelael di ajang IMX 2019

Kendati demikian, bukan nilai transaksi saja yang menjadi target IMX 2019. Tetapi juga ekosistem industri modifikasi dengan komponen lokal.

"Jika kita lihat, ini mulai terbentuk dan berkembang. Kami akan terus jaga sehingga industri tersebut tetap eksis dan bisa menuai nilai tambah," kata Andre.

Baca juga: Harapan Menperin Kepada IMX 2019

Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019KOMPAS.com/Gilang Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi terselenggaranya IMX 2019 karena sesuai dengan misinya untuk mendorong nilai tambah merek nasional. Serta, memampukan industri tersebut untuk bisa bersaing dengan pemain global.

"Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang memiliki banyak talenta kreatif dan inovatif yang lekat dengan dunia otomotif. Saya senang jika penyelenggaraaan IMX tahun ini lebih meriah dibanding tahun lalu," katanya saat membuka helatan IMX 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com