Modifikasi Porsche RWB, Kuncinya Harus Sabar

Kompas.com - 01/10/2019, 18:42 WIB
Porsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019. Kompas.com/DonnyPorsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi pada mobil Porscche bergaya RWB bisa dibilang tidak banyak dilakukan para pecinta otomotif. Sebab, gaya modifikasi ini bisa dibilang sangat eksklusif.

RWB sendiri adalah singkatan dari Rauh-Welt Begriff, yang diciptakan oleh Akira Nakai, builder senior asal Jepang. Ciri khas dari gaya modifikasi ini adalah body kit yang super lebar atau over fender.

Baca juga: The Bakajin Ikut Ramaikan IMX 2019

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gaya modifikasi RWB ini sangat eksklusif. Sebab, Nakai-san tidak pernah menciptakan body kit yang sama untuk setiap konsumennya.

Porsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019.Kompas.com/Donny Porsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019.

Di Indonesia, salah satu pemilik Porsche bergaya RWB adalah William Bakajin. Mobilnya adalah Porsche 911 tipe 993 keluaran tahun 1995. William menceritakan kesulitannya dalam memiliki Porsche RWB.

"Bagian tersulit dari modifikasi ini adalah mencari mobilnya. Sebab, Porsche yang dibuat jadi RWB itu yang mesinnya masih air cooled (berpendingin udara) atau belum pakai radiator. Paling muda itu tipe 993. Tapi, setelah tipe 993 itu sudah tidak bisa," ujar William, kepada Kompas.com, di sela-sela Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

Baca juga: Replika Porsche Klasik Mulai Diminati

William menambahkan, kalau mobilnya sudah ada, tinggal order saja ke Jepang melalui RWB masing-masing negara. Di Indonesia, bisa melalui bengkel Terror Garage di Bandung.

"Setelah dipesan, body kit diproduksi, dikirim ke Indonesia, lalu dicat. Setelah semuanya siap, tinggal tunggu jadwal dari Nakai-san kapan datangnya. Setelah Nakai-san datang, dia akan menyediakan waktu dua hari untuk memasang body kit tersebut," kata William, pemilik Porsche RWB pertama di Jakarta dan ketujuh di Indonesia.

Porsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019.Kompas.com/Donny Porsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019.

Nah, pemilik mobil juga harus bersabar. Sebab, Nakai-san tidak akan memberi tahu orang tersebut masuk dalam antrian nomor berapa dari seluruh negara yang memesannya.

William mengatakan, penamaan mobil bisa dari pemilik atau meminta Nakai-san sendiri yang menamainya. Boleh juga jika tidak mau diberi nama, di Jepang juga banyak yang mobilnya tidak dinamai.

Porsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019.Kompas.com/Donny Porsche RWB pertama di Jakarta turut ramaikan IMX 2019.

"Kalau budget, orang lain mau bikin itu belum tentu sama. Sebab, setiap body kit Porsche RWB yang diciptakan tidak ada satupun yang sama. Jadi, harganya pasti akan berbeda," ujar William.

Di dunia, jumlah Porsche RWB sekarang ini sudah mencapai sekitar 300-an unit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X