Bila Diproduksi Lokal, Suzuki Jimny Tetap 4x4

Kompas.com - 01/10/2019, 14:22 WIB
Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah mendapat sinyal positif dari pihak prinsipal untuk memproduksi Jimny secara lokal di Tanah Air.

Meski belum ketuk palu, tapi hal ini membawa angin segar. Apalagi bila mengingat tingginya pesanan pesanan generasi keempat dari jip legendaris tersebut yang diperkirakan indennya mencapai empat tahun.

Lantas kapan kira-kira Suzuki Indonesia akan mendapatkan kepastian. Menjawab hal ini Direktur Pemasaran PT SIS Donny Saputra, menjelaskan bila sampai saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dan menupayakan bisa memperoduksi Jimny di Indonesia.

Baca juga: Kehadiran Suzuki Jimny Diwarnai Praktik Ilegal

"Sebetulnya kami sudah dapat sinyal positif dari prinsipal, hanya tunggu kepastiannya saja. Bila diberikan izin, kita bicara produksi di sini kira-kira butuh waktu dua tahun dari disetujui sampai melakukan produksi," ucap Donny kepada wartawan di Tangerang, Senin (30/9/2019).

Suzuki Jimny melantai di GIIAS 2019Ruly Kurniawan/Kompas.com Suzuki Jimny melantai di GIIAS 2019

Donny mengatakan adanya inden panjang menjadi barometer kuat bila Jimny sangat potensial untuk diproduksi dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan membuka peluang untuk ekspor, mengingat negara lain seperti Eropa antreannya cukup panjang, sementara di Jepang sendiri produksi hanya 5.000 unit per bulan.

Pajak Karbon

Tidak hanya itu, adanya aturan baru mengenai emisi gas buang juga menjadi titik terang bagi Suzuki memproduksi Jimny di dalam negeri. Bila aturan tersebut resmi diundangkan, akan menjadi insentif tersendiri memproduksi Jimny dengan penggerak 4x4.

Artinya, Suzuki Indonesia tak perlu lagi membuat produk Jimnya varis murah dengan penggerak roda 4x2, karena regulasi pajak berdasarkan emisi akan memangkas tarif 4x4 di Indonesia.

Baca juga: Suzuki Dapat Kode Keras Produksi Jimny di Tanah Air

"Salah satu faktor pendorongnya adalah peraturan baru soal carbon tax, ini bisa menurunkan pajak 4x4 ini juga menjadi insentif buat kami. Dengan harga bisa lebih murah lagi, harapanya secara volume bisa naik dan ekspor kami pastikan bisa terbuka juga peluangnya," ujar Donny.

Test Drive Suzuki JimnySTANLY RAVEL-KOMPAS.com Test Drive Suzuki Jimny

"Jadi masalah produksi 4x2 atau 4x4 yang jadi penghalang kan hanya pajak saja, bila nanti cukai karbon diberlakukan tidak berpengaruh lagi. Jadi kalau sudah diundangkan tidak ada masalah lagi soal sistem penggerak, kita produski 4x4 pun tak masalah," kata dia.

Saat disinggung soal celah untuk memproduksi Jimny 4x2 yang notabennya meneruskan generasi Katana, Donny hanya mengatakan sudah ada pertimbangan ke arah sana namun dengan asumsi bila cukai karbon belum juga diundangkan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.