BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BlackAuto Battle 2019

Yeay! Akhirnya Kompetisi Modifikasi Mobil Terkeren Hadir Lagi di Jakarta

Kompas.com - 30/09/2019, 19:16 WIB
Salah satu display mobil canggih dalam ajang Blackauto Battle 2019 Blackxperience Salah satu display mobil canggih dalam ajang Blackauto Battle 2019

KOMPAS.com – Seorang penggila otomotif di Jakarta, Roni (29), mengaku rindu mengisi waktu akhir pekannya dengan menghadiri event kompetisi modifikasi mobil di kotanya.

Ia menilai, kegiatan tersebut sudah lama tak terdengar rimbanya.

“Kangen suasananya, kangen kehebohannya,” ucap dia kepada Kompas.com, Kamis (26/9/2019).

Ia menceritakan, melihat deretan mobil custom dan dentuman suara audio mobil beraliran Sound Quality Loud (SQL) menjadi hiburan tersendiri baginya.

Maka tak heran, Roni langsung sumringah saat mendengar Blackauto Battle 2019 akan kembali digelar setelah sekian lama tidak menyapa Jakarta.

Sekadar informasi, ajang ini merupakan wadah bagi anak bangsa untuk adu kreasi dan inovasi dalam dunia otomotif.

Blackauto Battle 2019 Jakarta sendiri akan digelar di Parkir Timur Senayan, pada 5 sampai 6 Oktober 2019 mendatang.

Untuk memanaskan event tersebut, panitia telah menyelenggarakan kegiatan warm up Blackauto Battle 2019 pada 28 hingga 29 September kemarin.

Punya magnet

Pihak Blackxperience selaku penyelenggara Blackauto Battle 2019 menilai Jakarta punya magnet khusus dalam dunia modifikasi Indonesia.

Populasi tim dan komunitas mobil dari berbagai genre melimpah di Ibu Kota. Maka tak heran, Jakarta dianggap sebagai trend setter atau kiblat dari para pecinta car tuning tanah air.

Jakarta juga memiliki ekosistem pendukung yang bisa membuat event ini semakin meriah. Misalnya, akses transportasi dan informasi, ketersediaan tempat, makin maraknya rumah modifikasi, installer car audio, dan bagian industri car tuning.

Tidak hanya itu, Jakarta dianggap berhasil mendukung dan merangsang pertumbuhan industri car tuning di wilayah sekitar, sebut saja Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Bandung.

Bahkan, provinsi tetangga seperti Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim) juga terdampak bisnis turunan dari industri otomotif tersebut.

Warm up

Sementara itu, sesi Blackauto Battle warm up 2019 sendiri menyuguhkan kegiatan tak jauh berbeda dari event utama, yakni kompetisi modifikasi dan car audio.

Adapun perihal kategori, sistem pertandingan, penjurian, peraturan, dan metode penilaian sudah dirancang sedemikian rupa dengan menjunjung tinggi aspek fairness (keadilan) dan terukur dengan baik.

Kemeriahan Blackauto Battle 2019 Blackxperience Kemeriahan Blackauto Battle 2019
Apalagi, Blackxperience menggandeng asosiasi Asia Pacific Car Tuning (APACT) agar teknis penjurian lebih matang dan berstandar baik.

Para juri yang dihadirkan pun telah berpengalaman di bidangnya dan telah teruji dalam berbagai kompetisi tingkat nasional maupun internasional.

Khusus kompetisi car audio, yakni Black Out Loud, Blackxperience membagi dua kategori pertandingan, yaitu Sound Quality Loud (SQL) dan Sound Pressure Level (SPL).

Panitia memilih Maslim Djanuanto sebagai juri SQL. Ia dikenal sebagai professional car audio yang juga seorang engineer, designer sekaligus speaker builder.

Selain itu, gelaran itu memberikan hiburan bagi pecinta kecepatan lewat Black Auto Dynotest.

Kompetisi itu, digelar untuk mengukur seberapa kencang mesin mobil yang sudah mengalami perubahan melalui alat bernama dynamo meter.

Adapun juri untuk seri Jakarta, Blackxperience akan menghadirkan Founder, Engineer, sekaligus Designer Mainline Dynolog Australia, yaitu Todd Lewis.

Tak hanya disuguhkan deretan display mobil-mobil canggih, Blackxperience juga turut menyertakan aksi panggung, seperti DJ performance, dance, dan penyanyi cantik Marion Jola yang akan tampil di puncak acara.

Lalu untuk pengunjung yang hadir, Blackxperience juga menyediakan photo competition, games seru, dan food truck denngan menu yang mengunggah selera.

Selain Jakarta, Blackauto Battle 2019 menyasar kota lainya, yakni Balikpapan yang digelar 17 Agustus lalu, Manado tanggal 7 September 2019 mendatang dan final battle Yogyakarta pada 30 November hingga 1 Desember 2019.

Info lebih lanjut bisa diakses di sini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya