Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Bebas dari Aturan Ganjil Genap, Beli Tesla Model 3 atau BMW i3s?

Kompas.com - 30/09/2019, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan listrik mendapatkan hak istimewa dari Pemprov DKI Jakarta, terkait pembatasan mobil dengan sistem plat nomor ganjil genap.

Masyarakat yang menggunakan mobil ramah lingkungan itu bisa bebas berjalan pada jam pemberlakuan ganjil genap, yaitu setiap hari Senin-Jumat pukul 06.00-10.00 WIB, dan 16.00-21.00 WIB.

Khusus untuk pasar otomotif Indonesia, ada dua mobil listrik yang resmi dijual, yaitu BMW i3s dan merek Tesla. Model i3s dipasarkan oleh BMW Group Indonesia, sedangkan Tesla melalui importir umum (IU) Prestige Motorcars.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Deddy Corbuzier yang Kebal Aturan Ganjil Genap

Selain ramah lingkungan, keuntungan membeli mobil listrik ini, yaitu bisa bebas dari aturan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil genap.

28 Gerbang Tol yang Terdampak Ganjil Genap JakartaKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo 28 Gerbang Tol yang Terdampak Ganjil Genap Jakarta

 

Sebab, Pemprov DKI Jakarta memberikan hak istimewa itu kepada masyarakat pengguna mobil listrik.

Baca juga: Bebas Ganjil Genap, Sederet Artis dan Pejabat Antre Beli Tesla Model 3

Tesla Model 3 mulai dipasarkan di Indonesia sejak akhir Agustus 2019forbes.com Tesla Model 3 mulai dipasarkan di Indonesia sejak akhir Agustus 2019

Alasanya, mobil listrik tidak menyumbangkan polusi udara sehingga ramah lingkungan. Aturan ganjil genap itu sendiri dibuat karena selain untuk mengurangi kemacetan, juga meminimalisir polusi udara di Ibu Kota.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik BMW i3s

Apabila tertarik, sebagai acuan Kompas.com memberikan informasi mengenai harga jual dari dua mobil listrik itu. BMW i3s yang diimpor langsung dari Jerman ini dibanderol Rp 1,299 miliar dengan status belum termasuk pajak alias off the road.

Mobil listrik BMW i3s dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). BMW i3s hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Mobil baru ini dapat melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 6,9 detik.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Mobil listrik BMW i3s dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2019). BMW i3s hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Mobil baru ini dapat melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 6,9 detik.

BMW memberikan garansi BMW Service Inclusive yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 kilometer.

Baca juga: Pakai Tesla, Deddy Corbuzier Punya Hak Setara dengan Pejabat Negara soal Ganjil Genap

Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3 Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3

Mobil listrik mungil ini hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Mobil baru ini dapat melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 6,9 detik.

Baca juga: Tanggapan Nissan soal Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap

Sementara Tesla Model 3, harganya dimulai dari ai atas Rp 1 miliar off the road. Banderol itu tidak mengikat karena tergantung keinginan dari konsumennya, artinya bisa lebih dari Rp 1 miliar apabila banyak kustomnya.

Spesifikasi Tesla Model 3

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, Tesla Model 3 merupakan entry level di jajaran mobil Tesla setelah Model S, Model X, dan Roadster.

Secara eksteriornya, Tesla Model 3 sudah dibekali dengan lampu LED yang memiliki fitur Auto-Dimming High Beams. Fitur ini akan menyala secara otomatis ketika suasana di depan terlihat sangat gelap.

Tarikan garis bodinya sangat dinamis, kesan aerodinamis juga terlihat dari mobil sedan fastback ini. Bannya menggunakan pelek Aero Wheels dengan ring 18 inci.

Fitur Enhanced Autopliot pada Tesla Model 3 memungkinkan mobil berkendara secara otonom.insideevs.com Fitur Enhanced Autopliot pada Tesla Model 3 memungkinkan mobil berkendara secara otonom.

Mobil listrik yang dijual melalui importir umum Prestige Motorcars ini menawarkan tiga pilihan berbeda dari segi kapasitas baterai dan motor elektrik yang digunakan, antara lain Standard Range Plus, Long Range, dan Tesla Model 3 Performance.

Standard Range Plus, menggunakan motor elektrik tunggal di as roda belakang. Kemampuan jelajahnya mencapai 409 km dengan tenaga mencapai 283 tk. Kemampuan akselerasinya dari 0-100 kpj dapat ditempuh dalam 5,3 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya, mencapai 225 kpj.

Long Range, mengandalkan motor elektrik ganda pada as roda depan dan belakang. Tenaganya mencapai 412 tk dengan daya jelajah hingga 560 km. Sedangkan kemampuan akselerasi dari 0-100 kpj, hanya butuh 4,6 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 233 kpj.

Mesin Tesla Model 3.bloomberg.com Mesin Tesla Model 3.

Tesla Model 3 Performance, menggunakan motor elektrik yang sama dengan Long Range. Namun, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 472 tk dengan kemampuan jelajah hingga 531 km. Kemampuan akselerasi 0-100 kpj hanya butuh 3,4 detik. Kecepatan tertingginya mencapai 261 kpj.

Prestige membanderol mobil termurah di antara keluarga mobil Tesla lainnya ini dengan harga lebih dari Rp 1 miliar sebelum pajak alias off the road. Harganya tak mengikat, karena calon konsumen bisa memberikan personalisasi pada mobilnya sesuai dengan selera.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com