Tol Cijago Seksi II Mulai Uji Coba Hari Ini, Gratis

Kompas.com - 28/09/2019, 08:42 WIB
Tol Cijago Seksi II (Raya Bogor-Kukusan) Kementerian PUPRTol Cijago Seksi II (Raya Bogor-Kukusan)

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cinere- Jagorawi Seksi II yang menghubungkan Jalan Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 kilometer mulai diuji coba hari ini (28/9/2019). Masyarakat yang menggunakannya belum akan dikenakan tarif alias gratis.

Sebagaimana disebutkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, uji coba akan diberlakukan mulai Sabtu pukul 00.00 WIB. Tol bakal digratiskan hingga turunnya surat keputusan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi II.

"Nanti malam pukul 00.00 WIB Cijago Seksi II kami buka belum bertarif. Ini menunggu SK, sedang proses pentarifan," kata Danang usai acara CEO Update Kompas 100, di Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Baca juga: Operasi Fungsional Tol Cijago Seksi II Dinilai Kurangi Kemacetan di Jalan Margonda Depok

Ilustrasi: pembangunan jalan tolKOMPAS/IWAN SETIYAWAN Ilustrasi: pembangunan jalan tol

“Saya kira sangat bagus membuka ini tanpa tarif untuk bisa melihat bagaimana manajemen di sekitar exit jalan tol tersebut, salah satunya di Mal Pesona,” ucap dia.

Danang mengatakan, sebelum dibuka untuk umum, ruas tol tersebut telah lolos uji kelaikan. Sehingga, masyarakat sudah aman menggunakannya. Tol juga pernah diuji coba secara fungsional selama sepekan saat Lebaran Idul Fitri, Juni 2019 lalu.

"Secara konstruksi sudah selesai 100 persen dan siap dipergunakan, tidak ada masalah dan juga sudah ada sertifikat laik operasi," ujar Direktur Utama PT TLKJ, Hilman Muchsin.

Baca juga: Tarif 13 Ruas Tol Segera Naik

Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan.MAULANA MAHARDHIKA Sejumlah kendaraan melaju di Gerbang Tol Cibubur 2 Tol Jagorawi, Jakarta, Senin (16/4/2018). Uji coba yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional tersebut dimulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB diharapkan dapat mengurai kemacetan.

Jalan Tol Cijago Seksi II merupakan bagian Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) yang terhubung dengan ruas Tol Cijago Seksi I (Jagorawi-Raya Bogor) sepanjang 3,7 Km yang beroperasi dengan tarif Rp 4.500 (golongan I).

Pembangunan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km oleh PT Translingkar Kita Jaya terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III dari Kukusan ke Cinere.

Bila Seksi I dan II sudah tersambung dan sudah operasional maka akan dapat mempersingkat waktu tempuh antarwilayah di Kota Depok. Sedangkan untuk seksi III belum ada pekerjaan konstruksi.

"Kami segera melanjutkan pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi III (Kukusan-Cinere). Saat ini progres pembebasan lahannya sudah 90 persen. Diharapkan, kehadiran Jalan Tol Cijago bisa mengurai kemacetan di Jalan Margonda, Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju Jagorawi," kata Hilman

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X