Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Sampaikan Daftar Kerusakan Akibat Demo

Kompas.com - 27/09/2019, 08:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah mulai beroperasi kembali, namun sampai saat ini PT Jasa Marga (Persero) Tbk, masih melakukan rangkaian perbaikan pada dua gerbang tol yang kena sasaran aksi anarkis dari demo mahasiswa di Gedung MPR/DPR, Selasa (24/9/2019).

Regional JabodetabekJabar Division Head Reza Febriano, menjelaskan, Jasa Marga Regional JabodetabekJabar telah menurunkan tambahan 85 personel untuk melakukan perbaikan dan pembersihan di lajur dan gerbang tol.

"Saat ini, perbaikan difokuskan di gerbang tol Pejompongan yang mengalami kerusakan paling parah akibat terbakar, karena aset dan sarana transaksi rusak parah," ucap Reza dalam keterangan resminya, Kamis (26/9/2019).

Baca juga: Gerbang Tol Dibakar, Jasa Marga Upayakan Bisa Kembali Beroperasi

Gerbang tol Jasa Marga yang jadi korban aksi demo mahasiswa Gerbang tol Jasa Marga yang jadi korban aksi demo mahasiswa

Bukan hanya perbaikan saja, Jasa Marga juga melakukan pergantian sejumlah peralatan tol dan sarana penujang lainnya yang ikut rusak akibat demo tersebut. Bahkan sampai menggati beberapa sarana lalu linta yang dirusak, seperti rambu dan marka, pagar pengaman, water barrier, sampai melakukan pengecatan ulang.

Sebelumnya Reza mengatakan, akibat kerusakan tersebut, total jumlah kerugiannya masih dikalkulasi. Tapi dari segi nila, diperkirakan jumlahnya mencapai miliaran rupiah.

Reza mengatakan sejumlah gardu tol, marka, dan rambu, serta sarana penunjang lainnya yang rusak, terdiri dua gardu oblique approach booth (OAB), dua unit gardu tol otomatis (GTO) multi golongan, satu unit GTO khusus golongan 1, dan satu unit gardu control room serta kelengkapanya yang ada pada Gerbang Tol Senayan.

Baca juga: Jasa Marga Tutup Jalan Tol Dalam Kota yang Melintas di DPR dan MPR

Warga melintasi Gerbang Tol Pejompongan yang dibakar massa, di Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demo mahasiswa yang berlangsung di depan Gedung DPR sejak tadi pagi berakhir ricuh, suasana tidak kondusif terjadi sejak sore hingga malam hari.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Warga melintasi Gerbang Tol Pejompongan yang dibakar massa, di Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demo mahasiswa yang berlangsung di depan Gedung DPR sejak tadi pagi berakhir ricuh, suasana tidak kondusif terjadi sejak sore hingga malam hari.

Sementara untuk GT Pejompongan kerusakan berupa satu unit layar toll collection terminal (TCT), satu unit terminal KSPT beserta kelengkapannya, atap gerbang tol, dua unit long booth beserta kelangakapan lainnya.

"Sarana informasi yaitu sambungan fiber optic juga mengalami kerusakan. Adapun perbaikan akan selesai dalam waktu satu sampai dua hari ke depan," ujar Reza.

Keruskan juga terjadi pada konstruksi jalan dan jembatan akibat adanya pembakaran benda plastik di lajur. Untuk menjaga kenyamanan pengguna jalan, Jasa Marga akan melakukan perbaikan terhadap kerusakan tersebut dengan melakukan patching. Begitu juga akibat adanya pembakaran di bawah Jembatan Tomang dan Slipi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com