Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Captiva Ekspor ke Thailand, Tidak Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 26/09/2019, 08:52 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - Ekspor Wuling Almaz dalam bentuk utuh (CBU) ke Thailand yang berganti label jadi Chevrolet Captiva diproduksi oleh PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Almaz alias Captiva yang diekspor itu merupakan Captiva generasi terbaru. GM Indonesia memang belum meluncurkannya di Indonesia. Sehingga mungkinkah nantinya Captiva baru itu juga dijual di Indonesia.

Baca juga: Wuling Almaz Paling Banyak Diekspor ke Thailand untuk Chevrolet

Namun, hal itu dibantah Presiden Direktur Wuling Motors, Xu Feiyun, yang mengatakan, GM Indonesia dan SGMW Indonesia merupakan dua perusahaan yang berbeda, walau keduanya ada saham dari GM.

Chevrolet CaptivaFoto: Agoes Gepeka Chevrolet Captiva

"Tapi keduanya punya pegangan bisnis yang berbeda. Saat ini Almaz akan menggunakan merek Wuling, dan tidak akan ada bentuk Captiva yang berkerjasama dengan GM untuk dijual di Indonesia," kata Xu di Cikarang, Rabu (25/9/2019).

Setelah itu Indonesia juga meluncurkan SUV berbasis Baojun 530 yang diberi nama Wuling Almaz pada 23 Januari 2019. Produksi Almaz dilakukan di pabrik SGMW Motor Indonesia yang berada di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Wuling Mulai Ekspor Almaz Ketiga Negara

Wuling Almaz dikembangkan di China dan menggunakan menggunakan platfrom global. Saat ini mobil berjenis SUV tersebut dipakai di empat merek, yaitu Baojun 530, Wuling Almaz, MG Hector dan Chevrolet Captiva.

"Baojun, Wuling di China, di India memakai merek MG Hector, sedangkan di Amerika Latin menggunakan Captiva termasuk yang sekarang kita ekspor ke Thailand," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com