Ini Kelebihan Daftar secara Online Ketika Bikin Smart SIM

Kompas.com - 23/09/2019, 07:22 WIB
Membuat SIM secara online punya beberapa kelebihan dibanding dengan datang langsung ke Satpas SIM Kompas.com/Aditya MaulanaMembuat SIM secara online punya beberapa kelebihan dibanding dengan datang langsung ke Satpas SIM
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Surat izin mengemudi ( SIM) punya arti dan fungsi yang lebih luas bagi pemiliknya, bukan hanya sebagai instrumen wajib sebelum mengemudi.

Terobosan baru dilakukan oleh Polri dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas), dengan menerbitkan Smart SIM.

Terlebih dengan kemunculan Smart SIM, kartu ini telah menjadi alat penting karena mampu menyimpan data pelanggaran hingga bisa dijadikan alat transaksi untuk pembayaran.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, SIM adalah bukti legitimasi kompetensi, alat kontrol, dan data forensik kepolisian.

“Khususnya bagi seseorang yang telah lulus uji pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk mengemudikan kendaraan bermotor di jalan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan,” katanya saat peluncuran Smart SIM di Jakarta (22/9/2019).

Baca juga: Smart SIM Belum Bisa Jadi Alat Transaksi

Korlantas Polri resmi meluncurkan registrasi SIM online dan SIM PintarKompas.com/Dio Korlantas Polri resmi meluncurkan registrasi SIM online dan SIM Pintar

Kini dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, pembuatan SIM sudah menganut sistem online.

Baca juga: Hati-hati, Hari Ini ada Perbaikan Jalan Tol Jagorawi

Pemohon bahkan sudah tidak perlu datang pagi-pagi untuk mengantre bikin SIM. Ini sangat memudahkan buat pemohon yang memiliki waktu terbatas.

Registrasi SIM online dapat dilakukan melalui website, dengan membuka smartphone, atau bisa juga datang langsung ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi) SIM.

Namun, dengan sistem online yang telah terintegrasi, pendaftaran dapat dilakukan setiap saat melalui media yang terkoneksi internet.

Baca juga: Mulai Kapan Pengguna Kendaraan Bisa Mendapat Smart SIM?

Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Refdi Hardi menunjukkan kartu SIM pintar di Gedung NTMC Polri, Jumat (30/8/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Refdi Hardi menunjukkan kartu SIM pintar di Gedung NTMC Polri, Jumat (30/8/2019).

Apalagi pemohon yang melakukan registrasi SIM online diberikan prioritas dalam penerbitan SIM.

Ditambah dengan kelebihan bebas memilih tanggal kedatangan sesuai keinginan sehingga cocok bagi siapa pun yang tidak punya banyak waktu untuk membuat SIM.

Baca juga: Ada Tol Layang, Jakarta-Bandung Bisa 1 Jam Lebih Cepat

“SIM online merupakan pelayanan terintegrasi melalui media internet yang memudahkan masyarakat dalam pengajuan SIM baru ataupun perpanjangan secara online di seluruh Indonesia,” kata Refdi.

Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran. Tampilan SIM baru yang digadang-gadang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran.

“Proses pembuatan atau perpanjang SIM jadi lebih cepat, lebih akurat, dan pendaftaran berlaku secara nasional, tidak terikat alamat sesuai domisili pada KTP,” ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X