Mulai Kapan Pengguna Kendaraan Bisa Mendapat Smart SIM?

Kompas.com - 22/09/2019, 15:26 WIB
Anggota Polwan Polres Banjar sedang melayani warga yang hendak membuat SIM, Rabu (19/6/2019). KOMPAS.com/CANDRA NUGRAHAAnggota Polwan Polres Banjar sedang melayani warga yang hendak membuat SIM, Rabu (19/6/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai menerapkan Smart Surat Izin Mengemudi ( SIM) alias SIM Pintar per Minggu 22 September 2019.

SIM Pintar ini tak hanya berbeda dari segi tampilannya saja, tapi juga lebih canggih dari SIM lama. Sebab SIM ini punya chip yang menyimpan data diri pemilik dan dapat digunakan untuk bertransaksi.

Bagi masyarakat yang membuat atau memperpanjang masa berlaku SIM, nantinya akan langsung mendapat jenis SIM terbaru yang resmi diluncurkan di Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Smart SIM Belum Bisa Jadi Alat Transaksi

Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengapresiasi jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM), Minggu (22/9/2019).KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengapresiasi jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM), Minggu (22/9/2019).

Smart SIM mulai hari ini sudah bisa dioperasionalkan pada semua Ibukota provinsi di Indonesia,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri (22/9/2019).

Meski demikian, masih ada daerah yang menerbitkan SIM model lama. Selain karena pengiriman bahan baku SIM terbaru masih diproses, Korlantas juga mempertimbangkan untuk menghabiskan lebih dulu bahan pembuat SIM model lama.

“Material SIM lama juga masih ada, jadi secara bertahap akan dikirimkan ke semua Polres. Artinya Kota dan Kabupaten akan punya material SIM baru itu nantinya,” ucap Refdi.

Baca juga: Ini 3 Kelebihan Smart SIM Dibandingkan SIM Model Lama

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).KOMPAS.com/Devina Halim Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri, saat mengeluarkan Smart SIM tersebut, ketika ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Untuk diketahui, Smart SIM masih berada pada tahap pengembangan untuk penyempurnaan lebih lanjut.

“Saat ini kami akan liat bagaimana animo masyarakat, apa yang dirasakan anggota dalam penerapannya dan ke depan bakal dievaluasi secara keseluruhan,” kata Refdi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X