Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Satu-satunya Aston Martin James Bond yang Ada di Indonesia

Kompas.com - 22/09/2019, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Concours d'Elegance yang digelar oleh Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) juga menampilan mobil-mobil yang sangat langka.

Salah satu mobil langka yang hadir adalah Aston Martin DB5 produksi tahun 1964.

Untuk para penggemar berat film James Bond, mungkin mobil ini jadi salah satu mobil impian. DB5 menjadi andalan agen 007 tersebut mulai dari Goldfinger, Thunderball, On Her Majesty’s Secret Service, The Living Daylights, Golden Eye, Tommorow Never Dies, The World is Not Enough, Die Another Day, Casino Royale, Quantum of Solace, Skyfall, dan terakhir, Spectre.

Baca juga: Terpesona Mobil Gaek James Bond, Aston Martin DB5

Pria yang akrab disapa Joe tersebut mengaku dibantu oleh Aston Martin Jakarta untuk perawatan dan juga restorasi jika ada bagian-bagian yang kurang.

Wajah Aston Martin DB5 sudah banyak menghiasi film James Bond.Febri Ardani/KompasOtomotif Wajah Aston Martin DB5 sudah banyak menghiasi film James Bond.

"Mereka setiap tahun ada chief mechanic dari Inggris yang datang untuk mengecek mobil ini. Sebab, mobil ini kan termasuk peninggalan bersejarah buat mereka dan mereka ingin mempertahankan mobil ini," ujar Joe, kepada Kompas.com.

Joe menambahkan, kesulitan yang paling tinggi dalam merestorasi mobil tersebut ada di bagian mesin. Menurutnya, sulit untuk membuat mesin ini menjadi sehat kembali. Sebab, mobil tua itu butuh kesabaran dan hasrat yang tinggi.

Baca juga: Aston Martin Perkenalkan DBS Superleggera

"Mobil ini cuma ada 1.023 unit dan sekarang mungkin jumlahnya semakin sedikit. DB5 di Asia cuma ada dua unit, satu di Indonesia dan satu lagi di Jepang," kata Joe.

Spesifikasi asli DB5 menggunakan mesin 4.0L yang disokong tiga karburator. Tenaga maksimalnya 282 tk dan sanggup dikebut sampai 233 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.